Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Waralaba Indonesia Diprediksi Tumbuh 10 Persen Tahun Ini

Posted by: 2340 viewer

Waralaba Indonesia Diprediksi Tumbuh 10 Persen Tahun Ini
Wakil Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Evi Diah Puspitawati saat memberi sambutan di acara IDPBA 2019 (dok. Franchiseglobal.com)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pertumbuhan industri waralaba diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan tahun ini. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang dikupas oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Evi Diah Puspitawati, industri waralaba akan tumbuh 10 persen tahun ini.

“Tahun ini pencapaiannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 5-6 persen saja,” ucap perempuan yang juga sebagai konsultan International Franchise Business Management (IFBM) ini dalam sambutannya di acara Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 di Manhattan Hotel, Jakarta, pekan lalu.

Menurut Evi, hal ini juga tak lepas dengan banyaknya bisnis waralaba baru yang telah tumbuh sangat fantastis dengan jumlah outlet mencapai puluhan bahkan ratusan dengan konsep kekinian dan juga disokong dengan teknologi digital terkini.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Itu semua strategi yang dilakukan pelaku usaha untuk mempermudah customernya dan juga tentu saja tak lupa dengan promo-promo yang begitu gencar mereka lakukan sehingga kita semua merasa seperti dimanjakan,” tuturnya.

Meski demikian, kata dia, bisnis waralaba memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang cukup berat yaitu bagaimana bisnis tersebut bisa berkembang dan dapat bertahan menghadapi persaingan yang begitu ketat dan juga bisa menghadapi perubahan perilaku konsumen saat ini.

“Jadi PR-nya itu bahkan lebih berat lagi. Dan saya yakin pelaku usaha waralaba yang sudah cukup lama sudah menghadapi ujian seperti ini. Bisa saja pertaruhannya ada di lima tahun pertama atau lima tahun kedua dan seterusnya,” ujarnya.

“Karena waralaba itu pertanggungjawabannya bukan hanya kepada diri kita sendiri saja, tapi juga untuk para franchisee kita. Ketika kita memiliki banyak franchisee dan terus tumbuh, tentu saja tugas dan tanggun jawab kita adalah terus mensupport franchisee kita agar mereka bisa berkembang,” tutup Evi. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...