Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

WGSH Gandeng AKSI Kembangkan Solusi Logistik Laut dan Udara 

Posted by: 3786 viewer

WGSH Gandeng AKSI Kembangkan Solusi Logistik Laut dan Udara 
Kerjasama investasi WGSH dengan AKSI dalam pengembangan solusi perangkat lunak pelabuhan di Indonesia.

INFOBRAND.ID - PT Wira Global Solusi tbk (WGSHub) menandatangani kerjasama investasi pengembangan solusi perangkat lunak pelabuhan di Indonesia bersama PT Ayo Kreasi Teknologi (AKSI), yang merupakan perusahaan penyedia solusi IT logistik termasuk moda transportasi darat, udara dan laut. 

Edwin Pramana, Direktur Utama WGSHub mengatakan, Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia dengan luasan sekitar 7,8 juta km dimana 5,9 juta km merupakan area yuridis laut dan ada 17.504 pulau tersebar dari sabang sampai merauke.  Karena Indonesia Archipelagic State, maka tantangan terbesar untuk logistik laut adalah bagaimana cara mengirim barang antar pulau lebih cepat dan lebih murah dimana saat ini pengiriman lewat darat lebih mendominasi ketimbang laut dan udara. 

Menurut Edwin, berdasarkan data bank Dunia di tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke 46 dalam hal performa Logistik. Dari data yang sama juga menyatakan biaya logistik Indonesia mencapai 23,5% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Angka tersebut cukup besar dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kami berharap dengan mengembangkan aplikasi yang telah dikerjakan oleh AKSI sebelumnya dapat memecahkan permasalahan waktu tunggu bongkar muat kargo baik laut ataupun udara sehingga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik serta dapat memangkas waktu pengiriman” ujar Edwin.

Melalui kerjasama tersebut, Emiten berkode WGSH ini akan mengembangkan lebih lanjut modul-modul baru aplikasi pelabuhan bersama dengan AKSI dengan tujuan antara lain meningkatkan penerimaan negara bukan pajak dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas logistik. Sebelumnya aplikasi ini telah digunakan di beberapa pelabuhan, seperti di PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Cilegon Banten dan di Persero Batam, diharapkan kedepan akan semakin banyak lagi pelabuhan-pelabuhan dan bandara di Indonesia yang mengadopsi aplikasi tersebut. 

“Berdasarkan data dari departemen perhubungan yang kami terima ada sekitar 44.178 Kapal kargo dan ada pertumbuhan muatan cargo hingga 14,4 Juta TeUS( Twentyfoot Equivalent Units), jika waktu bersandar dan bongkar muat dapat dipangkas kami yakin biaya pengiriman antar pulau juga akan lebih terjangkau,” jelas Edwin. 

Ditempat lain, Direktur AKSI Adi Kustrijanto mengatakan, dengan masuknya WGSH sebagai pemegang saham AKSI, berharap dapat mengikuti jejak WGSH untuk melantai di papan akselerasi Bursa Efek Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

“Banyak keuntungan melantai di bursa selain mendapatkan akses pendanaan dari pasar modal, dengan melantai di bursa kami juga dapat meningkatkan Image Perusahaan dan juga menumbuhkan profesionalisme dalam hal peningkatan kinerja, kualitas pelayanan serta menerapkan praktek-praktek tata kelola perusahaan yang baik,” tutup Adi Kustrijanto.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...