Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

WIKA: Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan After Sales Service

Posted by: 2530 viewer

WIKA: Tingkatkan Loyalitas Konsumen dengan After Sales Service
Distributor Gathering 2020

Menjaga kualitas after sales yang baik berarti dapat membangun dan menjaga hubungan baik jangka panjang dengan konsumen. Apabila hubungan baik dengan konsumen telah terjalin dalam jangka panjang, tentu saja ini dapat menimbulkan loyalitas oleh konsumen pada brand atau perusahaan itu sendiri.

Hal inilah yang dilakukan PT Wijaya Karya Industri Energi (WIKA Industri Energi), anak usaha BUMN PT Wijaya Karya Tbk terhadap produk water heater (pemanas air) besutannya, WIKA WH untuk memberikan layanan after sales service terbaik dengan harapan dapat terus meningkatkan loyalitas konsumennya.

Manager Pemasaran PT WIKA Industri Energi, Firmansyah mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini sudah bisa menangani keluhan konsumennya atau kerusakan produk yang ada di seluruh Indonesia dengan catatan selama garansi masih berlaku.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya, komponen WIKA WH yang menggunakan bahan-bahan dari dalam negeri memiliki keunggulan tersendiri dalam melayani after sales service untuk para konsumen setianya dibandingkan harus impor dari luar negeri.

“Kalau produk dari luar negeri biasanya sudah mahal dan after sales servicenya juga tidak terlalu begitu bagus. Jadi konsumen sudah pasti akan sangat dirugikan. Berbeda dengan produk kami yang menggunakan komponen dari dalam negeri. Karena dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap produk kami akan meningkat,” ungkap Firmansyah.

Firmansyah menyatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mempertahankan kualitas merek dan memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. Dengan begitu, WIKA WH boleh dibilang sebagai produk dalam negeri yang kualitasnya setara dengan produk luar negeri yang membuat posisinya semakin tak tergoyahkan sebagai pemimpin pasar di kategori water heater.

“Kami pastikan proses pembuatan produk dapat terjaga dengan baik, karena sudah dikawal dengan ISO sehingga quality control yang dilakukan pun sangat ketat, mulai dari pemilihan bahan baku hingga sampai ke tangan konsumen,” jelasnya.

Dalam berstrategi marketing, Firmansyah mengaku kalau pihaknya telah menggunakan cara konvensional dan digital. Untuk konvensional sendiri, strategi marketing yang dilakukan adalah dengan cara tatap muka secara langsung di toko dan distributor yang tersebar di seluruh Indonesia serta melalui kekuatan media massa seperti TVC. Tujuannya yaitu untuk memperkuat branding image di mata konsumen.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara untuk cara digital, lanjut Firmansyah, media sosial masih sangat diandalkan, salah satunya Instagram. Menurut dia, Instagram memiliki karakter yang sesuai dengan produk dan segmentasi pasar WIKA WH. Selain itu, Instagram juga boleh dibilang telah menjadi salah satu media dengan user paling banyak dibanding media sosial lainnya. Sehingga tak menutup kemungkinan untuk WIKA WH menciptakan peluang di kategori water heater.

Meski begitu, peran distributor tetap diperlukan dalam memasarkan produk WIKA WH sebagai bagian dari program atau campaign Below The Line. Saat ini, WIKA WH sendiri telah memiliki tak kurang dari 34 distributor dengan ribuan agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.[]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dekkson: Strategi Dekkson Perbesar Pangsa Pasar di Indonesia

Dekkson: Strategi Dekkson Perbesar Pangsa Pasar di Indonesia
Produsen hardware kunci dan aksesoris pintu bermerek Dekkson optimis penjualannya tahun ini akan terus meningkat seiring dengan banyaknya proyek prope...


Hippo: Pioneer Powerbank di Indonesia

Hippo: Pioneer Powerbank di Indonesia
Tak dapat dipungkiri kalau keberadaan powerbank saat ini menjadi solusi dan kebutuhan yang tak terpisahkan dengan smartphone. Dimana teknologi ini dap...


Bricon: Komitmen Hadirkan Kualitas Terbaik, Kunci Bricon Jadi Brand Juara

Bricon: Komitmen Hadirkan Kualitas Terbaik, Kunci Bricon Jadi Brand Juara
Di industri bata ringan, nama Bricon tentu sudah tak asing lagi di telinga. Sejak pertama kali hadir pada 2013 lalu, merek yang berkibar di bawah bend...


Penguin: Sukses Kuasai 80% Pasar Tangki Air Indonesia

Penguin: Sukses Kuasai 80% Pasar Tangki Air Indonesia
PT Penguin Trading melalui brand Penguin terbilang sukses merajai pasar tangki air di Indonesia sejak 1990 silam. Didistribusikan ke seluruh Indonesia...