Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Wujudkan UMKM Naik Kelas, FINATRA Dukung Program Inkubasi Kominfo

Posted by: 283 viewer

Wujudkan UMKM Naik Kelas, FINATRA Dukung Program Inkubasi Kominfo
Penyerahan hadiah secara simbolis oleh Head of Microfinancing Parnership and Marketing Development FIFGROUP, Riezky Candra Novariz, kepada salah satu dari 10 peserta UMKM terbaik.

INFOBRAND.ID - Sebagai tonggak perekonomian negara, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi Nasional. Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, UMKM memberikan kontribusi sebesar 61% terhadap pencapaian Produk Domestik Bruto (PDB) dan terhadap penyerapan tenaga kerja yang mencapai 96,9% hingga Agustus 2023.

Menyadari pentingnya pengambangan UMKM tersebut, PT Federal International Finance (FIFGROUP) melalui FINATRA berkomitmen mendukung pengembangan UMKM melalui Program Adopsi Teknologi 4.0 dan Inkubasi Bisnis Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Atas program yang telah diselenggarakan selama lebih dari 6 (enam) bulan lamanya, telah terpilih 10 (sepuluh) peserta program terbaik yang telah berhasil melalui seluruh proses inkubasi dengan baik. Head of Microfinancing Partnership and Marketing Development FIFGROUP, Riezky Candra Novariz, turut hadir di dalam acara Awarding Program Adopsi Teknologi 4.0 Dan Inkubasi Bisnis Digital pada Sabtu (2/12) yang juga menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu dari sepuluh peserta terbaik.

IKLAN INFOBRAND.ID

“FIFGROUP melalui FINATRA juga turut berkontribusi dalam memberikan hadiah sebesar Rp5 juta untuk seluruh peserta yang masuk ke 10 peserta UMKM terbaik serta membuka kesempatan untuk berkesempatan mendapatkan program dengan rate (bunga) khusus,” kata Riezky pada kata sambutan yang disampaikan di acara yang diselenggarakan di Ramada Bali Sunset Road Kuta, Seminyak, Bali.

Lebih lanjut, Riezky mengatakan FINATRA juga turut berpartisipasi dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada seluruh peserta UMKM mengenai Pengembangan Bisnis UMKM Untuk Naik Kelas yang diharapkan dapat mendukung pengetahuan para peserta mengenai pengembangan bisnisnya. Selain itu, FINATRA juga turut berpartisipasi dalam menyeleksi dan mengkurasi para peserta UMKM hingga terpilih sepuluh terbaik.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut turut hadir Environment, Health, Safety, & Social Responsibility (EHSSR) and Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, yang menuturkan bahwa FIFGROUP juga hadir pada program tersebut melalui salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), yakni Dana Bergulir.

“Kami juga menawarkan kesempatan kepada sepuluh UMKM terbaik untuk mendapatkan pinjaman modal usaha pada salah satu program CSR FIFGROUP, yaitu Program Dana Bergulir pada Pilar FIFGROUP Sejahtera mulai dari Rp2 juta hingga Rp25 juta. Ini merupakan sebuah program sosial yang ditujukan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya,” kata Charles.

Kehadiran FIFGROUP pada program ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia. “Dukungan yang FINATRA berikan merupakan salah satu komitmen dari FIFGROUP dalam mendukung nilai-nilai keberlanjutan atau sustainability dengan menerapkan Environment, Social, and Governance (ESG) untuk mendukung Tujuan ke-8 pada Sustainability Development Goals (SDGs) tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” tegas Riezky.

IKLAN INFOBRAND.ID

Charles juga menambahkan partisipasi itu sejalan dengan misi dari perusahaan , yaitu "Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat" dengan menghadirkan solusi finansial pilihan yang aman, mudah, nyaman bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha untuk pengembangan bisnisnya.

UMKM menjadi salah satu pilar perdagangan Indonesia, sehingga Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus berkomitmen dalam mendukung UMKM untuk terus kreatif, inovatif, responsif, dan adaptif terhadap dinamika perekonomian Nasional hingga global.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...