Sabtu, 11 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Strategi Alibaba Perkuat Pasar e-Commerce di Indonesia

Strategi Alibaba Perkuat Pasar e-Commerce di Indonesia Alibaba Group

Pasar e-commerce di Indonesia telah mengalami transformasi yang sangat baik. Melihat hal tersebut Alibaba Group menerapkan strategi dengan cara menjalin kemitraan dan membangun aliansi dengan berbagai pihak.

Saat ini industri e-commerce di Indonesia menghasilkan total transaksi atau gross merchandise volume hingga USD 28 miliar. Joseph C Tsai selaku Executive Vice Chairman of Alibaba mengatakan pasar e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat menarik. Jika awalnya media sosial menjadi platform untuk mendorong e-commerce, kini perannya sudah mulai memudar.

"Ini disebabkan karena beberapa platform e-commerce telah semakin aktif di media sosial. Sebagai contohnya Tokopedia, salah satu portofolio investasi kita," kata Joe, Minggu (11/11/2018).

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Ia menilai pergerakan pesat seperti yang terjadi di pasar Indonesia membuat pihaknya menerapkan strategi dengan menjalin beberapa kemitraan.

"Kami sekarang memiliki Lazada yang kuat dalam bisnis B2C (bisnis-ke-konsumen), termasuk dukungan logistiknya. Namun, di bisnis C2C (konsumen-ke-konsumen), kami bekerja sama dengan Tokopedia," sambungnya.

Untuk platform e-money, Airplay, Joe menambahkan bahwa pihaknya telah meluncurkan e-wallet bernama DANA. Itu dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan bank-bank besar di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

"Sehingga dengan bekerja sama dengan mereka, Alipay dapat merangkul para peggunanya di Indonesia," pungkasnya.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV