Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Aspira, Merek Asli Indonesia yang Mampu Bersaing dengan Produk Import

Posted by: 374 viewer

Aspira, Merek Asli Indonesia yang Mampu Bersaing dengan Produk Import
aspira

INFOBRAND.ID- Aspira sebagai merek suku cadang mobil dan motor sudah tidak asing bagi para pencinta otomotif Tanah Air. Merek asli Indonesia yang diperkenalkan oleh PT Astra Otoparts Tbk. sejak tahun 2000 ini telah mampu membuktikan bahwa produk suku cadang (spareparts) buatan lokal mampu bersaing dengan produk impor.

Sebagai informasi, produk Aspira saat ini terdiri dari beragam varian. Untuk motor, produk suku cadang yang disediakan di antaranya aki, ban, paket rantai, v-belt, dan kampas rem. Adapun untuk mobil, antara lain ada filter udara, filter oli, filter bahan bakar, wiper, kampas rem, dan minyak rem.

Ternyata, Aspira juga bukan cuma jago kandang. Produk suku cadang ini telah dipasarkan ke lebih dari 25 negara, dengan nilai ekspor yang terus meningkat setiap tahunnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bahkan, nama Aspira semakin berkibar di dunia internasional setelah menjadi sponsor tim Gresini Racing di ajang balap Moto2 pada 2013. Kerjasama ini berlanjut; Aspira menjadi sponsor tim Gresini Racing untuk musim 2023 di kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Tak mengherankan, logo Aspira terpampang pada fairing Ducati GP22 yang ditunggangi Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, serta di baju balap, seragam kru, dan truk tim Gresini Racing.

Tujuh Martogi Siahaan, Direktur PT Astra Otoparts Tbk. (AOP), menjelaskan bahwa ada sejumlah kegiatan utama yang dilakukan pihaknya untuk memperkuat brand awareness merek ini. Pertama, marketing communication secara offline seperti in-store branding dan out-of-home branding yang dinilai masih efektif.

Kemudian, melihat perkembangan teknologi digital yang begitu cepat, AOP menerjuni dunia digital. Langkahnya ialah memperkuat komunikasi digital merek Aspira melalui media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Di samping itu, Aspira pun menjalin hubungan dengan para key opinion leader (KOL), terutama yang antusias terhadap dunia otomotif, untuk me-review produk Aspira. “Aspira juga hadir di berbagai platform marketplace,” kata Martogi. AOP juga membangun platform e-commerce sendiri, yakni AstraOtoshop.com, yang menghadirkan Aspira sebagai produk unggulan.

Strategi AOP lainnya ialah melakukan co-branding merek Aspira dengan merek otomotif kelas dunia, seperti Bando, SKF, dan Champion. AOP kemudian mengembangkan pula sub-brand Aspira di segmen atas,yakni Aspira Premio dan Aspira Exposio, untuk meningkatkan brand image Aspira.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lalu, bagaimana agar kepuasan dan loyalias pelanggan Aspira terjaga? Menurut Martogi, pihaknya berupaya konsisten dalam menjaga kualitas produk Aspira dan secara kontinyu mengembangkan produknya untuk mendukung model-model motor terbaru.

“Produk Aspira memiliki kualitas yang terbaik dengan jaminan kualitas Astra, karena diproduksi oleh supplier OEM dengan kualitas setara produk original namun dengan harga bersahabat,” ungkap Martogi.

Untuk mendukung Sales Team dalam menawarkan produk Aspira, AOP menjalankan program first joiner di platform e-commerce AstraOtoshop.com. Lewat program ini, pelanggan ditawari vocer diskon khusus. Di samping itu, untuk menangkap peluang cross-selling pada pelanggannya saat ini (existing customer), AOP membuat program Mission untuk mendorong konsumen membeli berbagai produk Aspira.

Kini sejalan dengan meningkatnya penjualan kendaraan di Indonesia di masa pascapandemi, kinerja AOP tumbuh lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan industri suku cadang motor. AOP berhasil mencatatkan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 801,6 miliar pada semester I/2023, atau tumbuh 85,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 432,5 miliar. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...