Sebagai pemilik brand terbesar di dunia JBL speaker ingin terus pertahankan eksistensinya dengan bergabung di seluruh platform e-commerce serta membuka offline store di berbagai daerah di Indonesia.
Siapa yang tak mengenal produk speaker JBL? sebuah produk speaker berkelas high end yang tak akan diragukan lagi dari segi kualitasnya. Namun sayangnya Persaingan pun juga tak dapat terelakkan lagi, bahkan saat ini banyak sekali plagiat yang menjual produk replika JBL dan dijual dengan harga yang jatuh dibanding harga JBL Original.
Daniel Rustandi selaku Indonesia Channel Head JBL Indonesia mengatakan, “Banyaknya Kompetitor saat ini dengan menjual harga yang kompetitif kami sama sekali tidak merasa khawatir, saat ini kita sudah punya 19 store di Indonesia yang khusus menjual produk JBL dan Harman Kardon jadi customer yang merasa takut mendapat barang palsu, bisa langsung datang saja ke store.”
Saat ini pun JBL ingin menambah 6 store lagi di Indonesia dengan rencana untuk membuka store juga di Indonesia bagian timur, hal itu JBL lakukan untuk mengurangi keluhan masyarakat karena sering mendapat barang palsu.
Ditanya soal penjualan, lebih banyak mana penjualan secara langsung atau online, di akui Daniel penjualan offline masih memegang penjualan terbanyak, karena kata Daniel meskipun saat ini JBL juga memiliki official store di semua platform-platform ternama di Indonesia, consumen tetap banyak memilih melakukan pembelian secara offline.
“Keuntungan membeli produk JBL secara offline sudah dipastikan barang yang didapat original, waranty terjamin, meskipun harga sudah pasti akan lebih mahal jika membeli secara offline mengingat harga di offline sudah ditambahkan dengan biaya sewa toko dll,” jelas Daniel.
Tak hanya itu JBL juga melayani pengecekan kode, untuk memperlihatkan originalitas produknya, kata daniel banyak konsumen yang datang ke toko untuk service tapi setelah dicek kode yang tertera ternyata itu bukanlah barang asli JBL, jadi meskipun dilihat dari bentuknya sama tetap akan ketahuan keaslian barang tersebut.