Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Seminar SHERPA: dari Cetak Label UMKM Lokal hingga Cetak Wristband di Industri Event

Posted by: 254 viewer

Seminar SHERPA: dari Cetak Label UMKM Lokal hingga Cetak Wristband di Industri Event
SHERPA

INFOBRAND.ID-Seminar SHERPA kembali menyapa penggiat UMKM dan industri di Jakarta dan Yogyakarta di awal tahun 2024. Seminar ini selalu dilaksanakan setiap tahun guna mendukung para pelaku UMKM dan industri di sektor label dan percetakan. Mengenalkan teknologi terbaru dan solusi yang tepat untuk bisnis mereka menjadi objektif utama SHERPA.

Pada seminar SHERPA seri Jakarta di Cosmo Amaroossa Hotel Jakarta pada 29 Februari 2024, RDS Label Solution sebagai penyelenggara mengangkat tema Embrace The Future of Digital Technology for Wristband Business. Acara ini diinisiasi untuk menyediakan platform bagi para pelaku industri untuk memahami dan mengadopsi teknologi digital terkini dalam bisnis gelang sebagai elemen inti sebuah acara untuk pengalaman yang terbaik pesertanya. Acara ini turut dihadiri para pelaku industri dari event organizer hingga ticketmaster.

“Jenis material gelang menjadi faktor penting dalam memproduksi jumlah besar. Ketika diproduksi bahan yang dipilih haruslah memiliki pasokan yang mencukupi dan dapat diakses dengan mudah. Kemudian, bahan harus mudah untuk dicetak, dipotong dan tahan di berbagai cuaca ketika digunakan dan tentunya nyaman dan mudah dikenakan,” jelas Yusuke Imai dari PT YUPO Corporation.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selanjutnya, seminar SHERPA hadir menyapa pelaku UMKM Yogyakarta di Burza Hotel Yogyakarta pada Rabu, 6 Maret 2024. Mengusung tema Go Big Berani Tampil Beda, seminar SHERPA kali ini mengajak UKM binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul dan pelaku UKM sekitar Yogyakarta.

Terdiri dari rangkaian sesi edukasi bersama pembicara yang ahli dibidangnya. “Desain kemasan menjadi bagian dari brand image, dimana di beberapa kasus mampu mendorong daya jual sebuah produk tapi juga sebaliknya,” jelas Herlian Santoso dari PT EPSON Indonesia yang menjadi salah satu pembicara.

Dalam kesempatan tersebut, Herlian membagikan beberapa case study dengan kesimpulan bahwa harga produk dan desain kemasannya sering kali berkaitan secara langsung. Desain kemasan yang menarik perhatian dapat meningkatkan persepsi nilai produk di mata konsumen, sehingga memungkinkan pelaku usaha untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.

Sementara itu, konsultan RDS Label Haryanto Wijaya menekankan kembali konsep branding bisa diartikan sebagai sebuah konsep membangun ikatan emosional antara produk kita dengan konsumen, sehingga konsumen mampu mengenali produk kita dengan mudah.

Selain itu, pentingnya konsep branding untuk sebuah produk yakni mengomunikasikan nilai, kualitas, dan citra merek kepada konsumen. Dalam konsep ini, tidak hanya aspek fungsional dari produk yang dipromosikan, tetapi juga nilai-nilai, citra, dan pengalaman yang terkait dengan merek tersebut tertera dari kemasannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada sesi penutup, Trainer yang juga Ketua Karo Creative Hub & Co sekaligus Founder Kultura Collectiva Dewi Bukit menambahkan bahwa selain desain kemasan, label yang juga tertera pada kemasan mengandung informasi penting bagi para konsumen dalam membeli produk.

“Perlu diperhatikan jenis label seperti apa yang harus tertera pada kemasan dari label merek, label deskripsi produk, label sertifikasi, label gizi, dan lain-lain. Pilihlah jenis label yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk,” jelas Dewi.

Program SHERPA akan tetap hadir membagikan ilmu dan informasi terbaru bagi pelaku bisnis maupun usaha menengah untuk berkarya di sektor dan bidangnya masing masing tentunya dengan teknologi yang tepat dan terbaru. Program SHERPA diharapkan mampu membuka kesempatan bagi peserta untuk membangun jaringan dengan para profesional dan pemangku kepentingan lain dalam industri label. Mereka dapat berjejaring guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis mereka di masa depan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...