Survei kriteria - Indonesia Digital Popular Brand Award

Survey & Kriteria

Survei Indonesia Digital Popular Brand Index ini dilakukan pada3 bulan, kepada 150 Kategori produk dan lebih dari 1.000 brand tersurvei di Indonesia. Survei ini murni dilakukan melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independent, credible dan accountable dengan menggunakan 3 (tiga) parameter penilaian di dunia digital yaitu:

  1. Search Engine Based - 40%

    Parameter ini menggunakan http://google.co.id pada ruang lingkup brand di Indonesia, untuk mengukur dan mengetahui popularitas sebuah brand rata-rata perbulan dicari oleh pengguna internet dengan menggunakan Keyword Planner Brand dan Kategori tertentu berdasarkan hasil Google Search dan Google Result
  2. Social Media Based - 40%

    Parameter ini menggunakan 3 media pengukuran teratas untuk mengetahui propularitas sebuah merek di sosial media, yaitu :
    • Facebook dengan menggunakan http://likealyzer.com
    • Instagram dengan menggunakan http://ink361.com
    • YouTube dengan menggunakan http://socialblide.com
  3. Website Based - 20%

    Parameter ini akan mengukur kecepatan dan trafik website brand (website corporate) saat tersurvei untuk mengetahui :
    • Speed loading & user friendly menggunakan
    • http://developers.google.com
    • Traffic website menggunakan http://hypestat.com

Yang menarik dari survei Indonesia Digital Popular Brand Index ini, kami menambahkan 2 (dua) penilaian baru yaitu YouTube (Search Engine No.2 setelah Google) pada social media menggantikan penilaian Twitter dan Traffic pada penilaian website based

Kriteria

Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek dari berbagai kategori produk tertentu yang telah berhasil memenuhi 2 (dua) kriteria penilaian akhir yaitu :

Event Tras N CO

  1. Merek Tersurvei yang memperoleh nilai popular minimal 10.000 Google Result dan total final score minimal 10%
  2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada pada posisi 3 peringkat teratas di kategori produknya.

Kriteria tersebut harus dipenuhi oleh sebuah merek agar berhak mendapatkan predikat Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA).

Dengan adanya kriteria tersebut, maka tidak menutup kemungkinan dalam 1 (satu) kategori produk terdapat lebih dari 1 (satu) brand peraih penghargaan atau maksimal 3 (tiga) brand yang meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA).