Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Banyak Saingan, Pegadaian Makin Serius Kembangkan Digital

Posted by: 2279 viewer

Banyak Saingan, Pegadaian Makin Serius Kembangkan Digital
Ilustrasi aplikasi Pegadaian (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Banyaknya pilihan pendanaan di masyarakat seperti finansial technology (fintech) peer to peer, kredit usaha rakyat (KUR) perbankan, hingga bantuan sosial membuat industri gadai di tanah air semakin ketat. Imbasnya, pertumbuhan kinerja PT Pegadaian (Persero) pun relatif stagnan. Tercatat hanya 1-2 persen saja setiap tahunnya.

Guna memenangkan peta persaingan, Pegadaian berencana akan menjual seluruh produknya melalui kanal-kanal digital sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto baru-baru ini di Jakarta.

“Sedapat mungkin seluruh produk kita sudah digital sehingga kita memasarkan ke masyarakat. Karena pengguna pegadaian digital baru 1 juta dari 12 juta nasabah, itu PR kami,” tuturnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di tahun ini, kata dia, investasi capital expenditure (capex) dan operating expenses (opex) di Pegadaian digelontorkan sebanyak Rp500 miliar dan akan meningkat di tahun depan sebesar Rp700 miliar.

Untuk memperkuat pemasaran dan penjualan produknya, lanjut Kuswiyoto, pihaknya juga terus berkolaborasi melalui sinergi bisnis dengan berbagai mitra, baik dengan BUMN, swasta, hingga perguruan tinggi dan asosiasi di seluruh Indonesia.

Kali ini, Pegadaian melakukan kolaborasi dengan 22 mitra yang terdiri atas perusahaan BUMN, swasta, dan satu perguruan tinggi asal Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Kami akan terus membangun dan memperkuat jejaring sinergi bisnis melalui kolaborasi dengan berbagai mitra. Kolaborasi merupakan kunci perseroan untuk terus bertumbuh di tengah era disrupsi ekonomi digital,” jelasnya.

Hingga Agustus 2019, tambah Kuswiyoto, Pegadaian telah melakukan kolaborasi bisnis dengan 20 perusahaan BUMN, 8 perusahaan swasta, 29 perguruan tinggi, dan 4 asosiasi di seluruh Indonesia. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun

Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia menyalurkan dana sebesar Rp6,1 triliun di tahun 2023 untuk berbagai proyek hijau dan berkelanjutan kepad...


Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air

Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Persaingan kendaraan asal China semakin kompetitif di pasar otomotif Indonesia, berkat hadirnya brand baru dari Beijing Automo...


Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu

Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Galaxy A35 5G dengan keunggulan fitur Food Mode untuk mendukung gaya hidup masyaraka...


Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G

Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel cerdas Infinix, mengumumkan akan segera meluncurkan lini ponsel pintar "gaming" terbarunya, yaitu Infin...