INFOBRAND.ID-Monde Nissin jadi langganan keluarga Indonesia saat Lebaran. Brand ini cukup melegenda, dengan kalengnya yang khas dan kerap diisi rengginang.
Dibalik semua itu, tahukah kamu sosok di balik Nissin Waffer? Dia adalah Hartono Kweefanus, salah satu miliarder kelahiran Indonesia.
Forbes pernah mencatat kekayaan Hartono mencapai US$ 540 juta atau Rp 7,7 triliun (kurs Rp 15.400). Sementara kekayaan keluarga Hartono mencapai US$ 1,5 miliar atau Rp 23,10 triliun.
Melansir dari Forbes, Senin (16/2/2023), keluarga Hartono Kweefanus juga dikenal sebagai pemilik pabrik Khong Guan di Indonesia. Khong Guan adalah brand legendaris produsen kue dan wafer populer di Indonesia.
Dikutip dari Fortune, Hartono menguasai 23% saham Monde Nissin. Sementara sudaranya, Hoediono Kweefanus yang juga menjadi wakilnya menguasai sekitar 5,3% saham. Dan istri Hoediono asal Filipina, Betty Ang punya saham 18%.
Advertisement
Pria berumur 72 tahun ini juga menjadi direktur di Monde M.Y. San Corporation, PT Khong Guan Biscuit Indonesia, KBT International Holdings, Inc., dan menjadi Direktur Monde Land, Inc.
Adapun Monde Nissin membuat pabrik biskuit pertamanya tahun 1979. Perusahaan ini didirikan oleh ayah Hartono, Hidayat Darmono.
Puluhan tahun kemudian, di bawah kepemimpinan Hartono, Monde Nissin masih berjaya baik di Indonesia maupun di Filipina. Bahkan brand Mie Instan milik Nissin, Lucky Me menguasai 68% pasar mie instan di Filipina.
Pada pertengahan 2021 Monde Nissin melantai di bursa saham Filipina dan mengumpulkan dana hingga 55,9 miliar peso atau US$ 1,1 miliar. Ini merupakan IPO terbesar sepanjang sejarah Filipina.
Sayangnya, keluarga Hartono Kweefanus jarang muncul di hadapan publik. Tak banyak informasi mengenai latar belakang kehidupan Hartono. Majalah Forbes bahkan menjuluki keluarga ini sebagai taipan paling misterius di Asia.
Hartono Kweefanus, Crazy Rich Misterius di Balik Suksesnya Monde Nissin
Posted by: Alvin Pratama 16-02-2023 11:07 WIB 978 viewer
Nissin Monde
Baca berita lainnya di Google News
Article Related
Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...
BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...
Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...
Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...