Selasa, 07 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pasar Otomotif Jadi Era Baru Pariwisata di Indonesia

Posted by: 1617 viewer

Pandemi covid-19 mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari interaksi dengan orang lain. Kebiasaan baru ini mendorong era baru pariwisata di Indonesia, dimana penggunaan kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat pariwisata.

Pasar Otomotif Jadi Era Baru Pariwisata di Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengunjungi ajang IIMS Hybrid 2021.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi kegiatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Minggu (18/4/2021). Dalam kunjungannya, Sandi melaksanakan diskusi secara langsung yang ditayangkan secara live melalui official website www.indonesianmotorshow.com dan platform Youtube IIMS_ID.

Dalam pernyatannya, Menparekraf menyebutkan bahwa pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 ini merupakan event offline skala terbesar pertama yang diadakan ditengah pandemi dan dinilai cukup berhasil dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan berbasis pada CHSE. Menurutnya, penyelenggaraan IIMS Hybrid merupakan langkah strategis meningkatkan pariwisata Indonesia dengan mengkolaborasikan dunia otomotif secara menyeluruh serta menjadi awal dimulainya era pariwisata baru di Indonesia.

"Bapak presiden memberikan arahan agar ini bisa menjadi pembuka bagi event-event lain berskala internasional, nasional, regional maupun juga berskala lokal," ungkap Sandiaga Uno, dalam keterangan media yang diterima infobrand.id, sebagai salah satu media partner kegiatan pameran otomotif terbesar di Indonesia itu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sandi menambahkan, kegiatan tersebut sebagai salah satu strategi pemulihan pariwisata Indonesia, tren pariwisata ditengah pandemi, ialah menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi dan melakukan eksplorasi eksotisme suatu tempat di Indonesia. Adanya destinasi dengan jarak yang mudah dijangkau, dan adanya komunitas otomotif yang menyediakan group tour dengan jumlah kecil dinilai sebagai instrumen penggerak industri pariwisata tanah air.

Penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021 ini ialah salah satu bentuk destinasi pariwisata. Dimana dalam setiap penyelenggaraan event dimasa pandemi, penyelenggara harus terpacu untuk mensimulasikan protokol kesehatan. Sandi melihat pelaksanaan prokes di IIMS Hybrid 2021 ini sangat tertib dan sudah mengacu pada CHSE.

“Adanya pengecekan suhu tubuh, hand sanitizer, dan tim satgas Covid-19 yang aktif mengingatkan pengunjung untuk menjaga jarak aman dan penggunaan masker,” jelas Sandi.

Sandi menambahkan, pariwisata kedepan akan terus diupayakan dengan menggunakan konsep Personalized, Customized, Localized dan Smaller Size. Sehingga pariwisata dalam negeri terus meningkat. Kami di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melihat dimasa pandemi, ekonomi kreatif lokal Indonesia dapat mengalami peningkatan salah satunya melalui touring untuk pengembangan wisata otomotif kedepannya.

“Seuai dengan hashtag kampanye kami #diIndonesiaAja, Kemenparekraf optimis dengan fokus penggarapan pariwisata oleh pelaku wisatawan dalam negeri,” jelas Sandi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selaras dengan pernyataan Menparekraf, Laja Lapian, Komisaris Utama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) mengatakan, pandangannya terkait pariwisata berbasis otomotif ini jika dikaitkan dengan destinasi super prioritas. Pihaknya, melalui Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia juga memiliki rencana pariwisata berbasis otomotif ini dilakukan atau dikembangkan pada destinasi khusus.

Adapun terkait kegiatan touring, standard yang digaungkan oleh PWOI ialah ATSM (Aman, Tertib, Sehat, Menyenangkan). Dengan ini, PWOI mengharapkan bagi seluruh komunitas otomotif yang sudah mulai berkegiatan, dapat berkendara secara aman dan kembali dengan selamat. Ditengah pandemi, 77% kegiatan pariwisata antar kota menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

“Oleh sebab itu, kami yakin bahwa industri otomotif akan meningkat dan beradaptasi seiring berjalannya waktu. Wisata otomotif dan ekonomi kreatif di destinasi pariwisata, akan bisa bersinergi dengan inovasi dan kolaborasi yang diterapkan oleh seluruh sektor terkait,” tambah Laja Laipan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai

Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - KYMCO membuka peluang kerja sama dalam penyediaan layanan penukaran maupun penyewaan baterai untuk kendaraan listrik bagi pela...


Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia

Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi mengapresiasi semangat pantang menyerah yang telah ditunj...


Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo

Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lenovo membuka awal Mei 2024 dengan mengenalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama LISSA sebagai solu...


Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng

Sunra Mulai Pembangunan Pabrik Sepeda Motor Listrik Terbesar di Jateng
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) membangun pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jaw...