Senin, 11 November 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemendag Ajak Konsumen Indonesia Lebih Kritis dalam Membeli Barang

Posted by: 1113 viewer

Kemendag Ajak Konsumen Indonesia Lebih Kritis dalam Membeli Barang
Kemendag mengajak konsumen kritis dalam membeli barang/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) mengajak konsumen Indonesia untuk lebih kritis dalam proses pembelian barang atau jasa.

Menurut Direktur Pemberdayaan Konsumen PKTN Chandrini Mestika Dewi, saat ini banyak konsumen yang belum berani bersuara apabila terjadi pelanggaran atau ketidaksesuaian saat melakukan transaksi barang atau jasa.

"Kami ingin mereka kritis, kritis itu akan lebih jeli pada saat melakukan proses pembelian barang atau jasa, menjadi lebih jeli, hati-hati, kemudian lebih berani bicara," kata dia usai pembukaan Festival Hari Konsumen Nasional (Harkornas) 2024 di Cibubur, Depok, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, berdasarkan hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) 2023, konsumen Indonesia berada dalam kategori Mampu. Artinya, konsumen mampu menggunakan hak dan kewajibannya konsumen untuk menentukan pilihan terbaik, termasuk menggunakan produk dalam negeri bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Menurutnya lagi, kebanyakan konsumen memilih diam dan tidak melakukan pelaporan bila terjadi ketidaksesuaian dari barang atau jasa yang dibelinya, seperti tidak memiliki Standar Nasional Indonesia, tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada etalase dan lainnya.

Hal ini dikarenakan masih ada perasaan tidak enak untuk membuat laporan aduan sehingga memilih untuk diam.

"Padahal sebetulnya dengan kita melakukan pengaduan, tentunya pelaku usaha bisa terdorong untuk menjaga kualitas dari barang yang mereka jual," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu PKTN Matheus Hendro Purnomo mengungkapkan, Kemendag berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan konsumen cerdas dan kritis.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia berharap Kemendag sebagai perpanjangan tangan Pemerintah bisa menjadi jembatan antara produsen dan konsumen.

"Kita juga ingin konsumen lebih cerdas dan teman-teman Kementerian/Lembaga bisa memberikan edukasi secara luas sebagai konsumen, sehingga apa yang menjadi angan-angan Kemendag sebagai salah satu pemegang amanat undang-undang dapat mewujudkan konsumen yang cerdas," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dikuti Ratusan Peserta, IBC Class Dorong Kemajuan Brand Indonesia

Dikuti Ratusan Peserta, IBC Class Dorong Kemajuan Brand Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Media INFOBRAND.ID bersama Indonesia Brand Community (IBC) sukses menggelar kegiatan Indonesia Brand Community Cla...


Burger Bangor: Raih Top Opportunity Choice Award 2024, Kukuhkan Posisi Sebagai Brand Waralaba Sukses di Indonesia

Burger Bangor: Raih Top Opportunity Choice Award 2024, Kukuhkan Posisi Sebagai Brand Waralaba Sukses di Indonesia
INFOBRAND.ID-Burger Bangor kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan bergengsi, Top Opportunity Choice Award 2024, yang diberikan...


Rexco Pelumas menjadi Cairan Penetran Terbaik di ajang Otomotif Choice Award 2024

Rexco Pelumas menjadi Cairan Penetran Terbaik di ajang Otomotif Choice Award 2024
INFOBRAND.ID-Rexco sebagai Pelumas serbaguna untuk otomotif menjadi jawara di ajang Otomotif Choice Award 2024 yang diadakan oleh Otomotif Group yang...


SIAL Interfood 2024: Pameran Kuliner Internasional yang Mendorong Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman di Indonesia

SIAL Interfood 2024: Pameran Kuliner Internasional yang Mendorong Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman di Indonesia
INFOBRAND.ID-Industri makanan dan minuman Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan pesat, dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan peningkatan seb...