Jum'at, 17 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Menang Penghargaan Emiten di Investor Awards 2021

Posted by: 1520 viewer

PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Menang Penghargaan Emiten di Investor Awards 2021
Investor Awards 2021

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Uni-Charm Indonesia Tbk terpilih menjadi Emiten Terbaik di sektor tekstil dan garmen, dalam acara Investor Awards 2021 yang diselenggarakan oleh salah satu media bisnis terkemuka di Indonesia..

Sama seperti tahun lalu, pada tahun 2021, acara ini dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid-19. Adapun acara penghargaan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 serta ditayangkan secara langsung melalui stasiun televisi nasional dan streaming Youtube.

Di antara emiten yang mendapatkan penghargaan pada tahun-tahun sebelumnya, terdapat beberapa perusahaan FMCG yang mendapatkan penghargaan pada masing-masing sektor. Namun untuk kategori perusahaan Jepang, PT Uni-Charm Indonesia Tbk merupakan perusahaan Jepang yang pertama kali mendapatkan penghargaan ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan kesepakatan Tim Juri, acara penghargaan ini mengacu pada 8 persyaratan seleksi awal untuk menyaring emiten yang dinilai layak diikutkan dalam pemeringkatan. Persyaratan pertama adalah tentang kepatuhan emiten dalam mempublikasikan laporan keuangan tahun buku 2020. Kedua, emiten yang dilibatkan dalam pemeringkatan harus sudah tercatat di BEI sebelum tahun 2020. Ketiga, tidak mendapat opini disclaimer dan adverse dari akuntan publik. Keempat, tidak membukukan rugi bersih dan rugi operasional tahun 2020. Kelima, memiliki ekuitas tidak kurang dari Rp 100 miliar. Keenam, saham emiten bersangkutan tergolong aktif selama periode 1 Juni 2020 – 31 Mei 2021. Ketujuh, laporan keuangan emiten yang diperingkat harus bertahun buku Desember, dan yang kedelapan, memiliki ekuitas positif selama dua tahun terakhir.

Setelah melalui tahapan seleksi awal, terdapat 312 emiten yang memenuhi persyaratan dari 729 emiten, yang kemudian akan diperingkatkan lagi melalui 8 kriteria. Diantaranya yang pertama adalah return saham selama satu tahun, dimana hasil yang diperoleh pemegang saham selama setahun dari capital gain dan dividend yield. Yang kedua adalah volatilitas return, yang diukur dengan standar deviasi return mingguan. Yang ketiga adalah likuiditas saham, yang merupakan perbandingan volume transaksi dikaitkan dengan frekuensi transaksi dan jumlah hari perdagangan di bursa.

Dan yang keempat adalah pertumbuhan penjualan tiga tahun, yang merupakan rasio pertumbuhan penjualan rata-rata tahunan selama tiga tahun terakhir. Kelima adalah pertumbuhan laba operasi tiga tahun, dimana pertumbuhan laba operasi rata-rata tahunan selama tiga tahun terakhir. Keenam adalah Net Operating Margin (NM) yang merupakan perbandingan laba usaha dengan penjualan bersih yang diperoleh. Ketujuh adalah Asset Turn Over (ATO) yang merupakan perbandingan antara penjualan bersih dengan aset, dimana aset yang digunakan rata-rata aset tahun 2020-2021. Kedelapan adalah Return on Equity (ROE) yang merupakan perbandingan antara laba bersih dengan ekuitas, dimana ekuitas yang digunakan rata-rata ekuitas tahun 2020-2021.

Selain kriteria di atas, ada hal lain yang pemeringkatan akhir berdasarkan hasil polling terhadap 200 responden yang terdiri dari analis, manajer investasi, dana pension, asuransi, investor individu, pengamat pasar modal, serta hasil wawancara dengan direksi peraih nominasi.

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii yang menghadiri upacara penghargaan menyampaikan “Kami bisa mendapatkan penghargaan ini adalah karena usaha yang dilakukan karyawan sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dan dipilih oleh konsumen Indonesia. Kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh karyawan PT Uni-Charm Indonesia Tbk beserta keluarga yang telah mendukung, kemudian kepada para supplier, dan mitra bisnis kami”.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan penghargaan ini, selain mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara, PT Uni-Charm Indonesia Tbk akan berkomitmen untuk terus melaksanakan aktivitas yang akan disesuaikan dengan setiap elemen yang ada dalam corporate slogan yaitu Ethical Living for SDGs dan akan terus melakukan upaya-upaya yang bisa membuat PT Uni- Charm Indonesia Tbk diapresiasi setiap tahun.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun

Tahun Lalu, DBS Indonesia Gelontorkan Pendanaan Transisi Hijau Rp6,1 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia menyalurkan dana sebesar Rp6,1 triliun di tahun 2023 untuk berbagai proyek hijau dan berkelanjutan kepad...


Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air

Segera Mengaspal, BAIC X55-II Siap Tantang Omoda 5 di Tanah Air
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Persaingan kendaraan asal China semakin kompetitif di pasar otomotif Indonesia, berkat hadirnya brand baru dari Beijing Automo...


Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu

Suka Memotret Makanan? Samsung Luncurkan Galaxy A35 5G Buat Kamu
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Galaxy A35 5G dengan keunggulan fitur Food Mode untuk mendukung gaya hidup masyaraka...


Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G

Catat, Ini Jadwal Peluncuran Ponsel Gaming Infinix GT 20 Pro 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel cerdas Infinix, mengumumkan akan segera meluncurkan lini ponsel pintar "gaming" terbarunya, yaitu Infin...