INFOBRAND.ID - Reputasi sebuah perusahaan atau brand sangat diperlukan demi keberlangsungan sebuah bisnis di masa yang akan datang. Karena itu upaya reputasi atau menjaga imaga positif sangat diperlukan dan harus terus dilakukan oleh perusahaan. Terlebih lagi bagi perusahaan perbankan, yang layanannya berhubungan erat dengan kepercayaan masyarakat atau pelanggan.
Di era digital, upaya tersebut dapat dilakukan dengan semakin mudah, beberapa hal dapat dilakukan oleh divisi hubungan masyarakat atau public relations dengan meningkatkan aktivitasnya di ranah digital. Karena dengan meningkatnya informasi positif sebuah perusahaan di ranah digital, akan mampu mengangkat citra sebuah perusahaan.
Seperti perusahaan perbankan di bawah ini, yang sukses menjadi perusahaan perbankan dengan digital activity teratas, berdasarkan riset yang dilakukan TRAS N CO Indonesia, sebuah perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan perusahaan brand di Indonesia.
Adapun 10 perusahaan perbankan teratas dalam menjalankan aktivitas digital public relations antara lain; PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Bank Neo Commerce Tbk, PT Bank Raya Indonesia Tbk, dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk.
|
Perusahaan |
Google Result |
Google Search |
Visitor |
1 |
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk |
64.600 |
14.800 |
7.887.908 |
2 |
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk |
390.000 |
368.000 |
5.223.690 |
3 |
PT Bank Central Asia Tbk. |
33.400 |
60.500 |
3.256.402 |
4 |
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk |
33.000 |
368.000 |
2.426.273 |
5 |
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk |
33.000 |
368.000 |
2.426.273 |
6 |
PT Bank OCBC NISP Tbk |
11.200 |
9.900 |
800.647 |
7 |
PT Bank BTPN Tbk |
15.500 |
22.200 |
239.006 |
8 |
PT Bank Neo Commerce Tbk. |
11.400 |
12.100 |
146.198 |
9 |
PT Bank Raya Indonesia Tbk |
21.200 |
4.400 |
64.357 |
10 |
PT Bank Syariah Indonesia Tbk |
46.000 |
110.000 |
212 |
Dimana masing-masing perusahaan perbankan tersebut unggul dalam hal ulasan maupun pencarian di halaman google, serta kunjungan website yang dimiliki. Tiga indikator tersebut menjadi kriteria penilaian yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia, untuk menentukan keberhasilan insan PR dalam menjalankan Digital Public Relations, yakni Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, metode pengukuran menggunakan tiga parameter penilaian yakni; Digital Media Aspect, mengukur banyaknya pemberitaan di media digital terhadap suatu perusahaan yang tercapture melalui mesin pencari dengan keyword “Corporate Brand”. Kemudian Digital Sentiment Aspect, mengukur banyaknya dominasi berita positif dan negatif terhadap suatu perusahaan dengan mengacu pada lima halaman utama mesin pencari news Indonesia atau 50 permberitaan. Dan Digital Awareness Aspect, mengukur banyaknya ulasan terkait perusahaan di media digital melalui mesin pencari dan juga mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari perusahaan dengan keyword “Corporate Brand” dalam rata-rata perbulan.
Berdasarkan riset TRAS N CO Indonesia, lanjut Tri Raharjo, sepuluh perusahaan bank tersebut adalah bagian dari 200 emiten yang lolos dalam Riset Top Digital PR Index, yang ditentukan berdasarkan kriteria penilaian, perusahaan terriset memiliki dominasi pemberitaan positif dalam 5 halaman mesin pencari pertama dengan angka dominasi 80% pemberitaan positif. Dan perusahaan terriset meraih angka final score 70% atau lebih, serta berada pada Top 200 untuk perusahaan emiten (Tbk).
Perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Top 200 Emiten dan Top 100 perusahaan Non Emiten, berhak menyabet penghargaan Top Digital PR Award 2023, sebuah penghargaan bergengsi yang didedikasikan untuk brand dan perusahaan baik emiten maupun non emiten, dalam memanfaatkan digital PR dalam berkomunikasi, menjalin engagement dengan konsumennya untuk menciptakan persepsi serta menghadirkan citra positif terhadap brand dan perusahaan.