Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

2020 Momentum Tancap Gas Bisnis Waralaba

Posted by: 3227 viewer

Perkembangan bisnis waralaba di Tanah Air diperkirakan akan mendapatkan momentum angin segar mulai tahun depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Levita Ginting Supit saat ditemui Infobrand.id pekan lalu di Jakarta. “Tahun depan [2020] kami memprediksi geliat bisnis waralaba akan lebih kencang dibandingkan tahun ini, karena sudah akan ada kepastian dari sisi regulator siapa yang akan memimpin. Biar bagaimana kami selaku pelaku usaha pasti membutuhkan kepastian,” ujarnya.

2020 Momentum Tancap Gas Bisnis Waralaba
Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali)

Perkembangan bisnis waralaba di Tanah Air diperkirakan akan mendapatkan momentum angin segar mulai tahun depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Levita Ginting Supit saat ditemui Infobrand.id pekan lalu di Jakarta.

“Tahun depan [2020] kami memprediksi geliat bisnis waralaba akan lebih kencang dibandingkan tahun ini, karena sudah akan ada kepastian dari sisi  regulator siapa yang akan memimpin. Biar bagaimana kami selaku pelaku usaha pasti membutuhkan kepastian,” ujarnya.

Untuk tahun ini Levita menyebut banyak dari kalangan pelaku usaha yang memilih untuk melihat dan mencermati keadaan (wait and see) ketimbang memperluas gurita bisnis mereka.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sekarang kecenderungannya lebih menunggu untuk buka franchise, mereka akan melihat dulu kondisinya seperti apa baru setelah itu akan ekspansi,” tuturnya.

Sebenarnya, perlambatan konsumsi dan perluasan usaha segmen waralaba sudah mulai terasa pada semester II/2018. Menurut Levita, pengaruh agenda politik pada dengan masa kampanye yang telah dimulai pada pertengahan 2018 membuat para entrepreneur memilih bermain aman.

“Kampanye itu kan mulai dari pertengahan tahun lalu, sudah pasti ada dampaknya walaupun tidak terlalu besar, namun yang pasti ada dirasakan oleh para pelaku usaha. Tetapi semua optimistis akan berjalan baik,” imbuhnya.

Levita juga mengapresiasi respon masyarakat yang tetap mendukung bisnis sektor waralaba ditengah indikasi penurunan daya beli akhir-akhir ini.

“Respon masyarakat juga cukup positif,” ungkapnya singkat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, market size pasar waralaba di Indonesia pada 2017 diperkirakan sekitar Rp200 triliun. Angka tersebut disumbang oleh gerai waralaba yang berasal dari luar negeri  maupun waralaba asli Indonesia dengan persentase 65% : 35% untuk gerai asing.

Adapun, Wali sendiri  memprediksi bisnis waralaba akan tumbuh sekitar 7% pada sepanjang tahun ini dengan dominasi tetap pada sektor makanan dan minuman atau food and beverage.

“Kedepan yang mau di-push  adalah sektor jasanya, karena kami melihat pada sektor tersebut ada peluang dan potensi untuk berkembang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk setiap pengusaha yang ingin berkecimpung dalam bisnis waralaba, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah mulai memberlakukan regulasi kepemilikan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba atau STPW.

Pada periode 2013 hingga 2018, Kemendag mencatat telah menerbitkan 210 STPW, yang terdiri dari 79 pemberi waralaba luar negeri, 75 pemberi waralaba dalam negeri, dan 44 pemberi waralaba luar negeri. Lalu, 8 pemberi waralaba lanjutan dan 4 STPW perpanjangan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...