Selasa, 22 September 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

5 Strategi Tingkatkan Daya Saing Industri Nasional

Posted by: 09-03-2020 12:05 WIB 422 viewer

5 Strategi Tingkatkan Daya Saing Industri Nasional
Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjabarkan program prioritas nasional dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Pertama, terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM) di dalamnya termasuk pelatihan pendidikan dengan meluncurkan kartu pra kerja sehingga meningkatkan daya saing serapan tenaga kerja.

Kartu pra kerja ini sedang disiapkan baik terdiri dari vokasi, sertifikasi kompetensi maupun insentif yang diberikan melalui pelatihan reskilling, upskilling dan retraining. Sehingga bukan untuk menggaji pengangguran tetapi untuk melakukan pelatihan guna menyiapkan dari sisi demand dan suplai tenaga kerja.

Kedua, pembangunan infrastruktur yang memiliki koneksivitas antara infrastruktur dengan Kawasan- Kawasan ekonomi baik itu industry maupun pertanian, sektor produksi maupun sektor pariwisata. Setidaknya pemerintah telah menyelesaikan 26 proyek nasional dan akan terus dilanjutkan terutama dengan kerjasama antara pemerintah dan Badan Usaha Swasta.

Ketiga, mempermudah peraturan karena instrument ini merupakan bagian dari ekosistem di dalamnya menyangkut perizinan usaha. Selain itu juga upaya memangkas birokrasi dan mentransformasikan ekonomi.

Keempat, dalam menciptakan lapangan kerja pemerintah sedang menyiapkan Omnibus Law cipta lapangan kerja. Di dalamnya terdiri tentang pajak guna penataan investasi. Kemudian perubahan sistem pajak dari worldwide menjadi berbasis territorial, sehingga memberikan kepastian terkait pemajakan bagi wajib pajak orang pribadi, domestik maupun luar negeri. Tak kalah penting untuk keadilan izin usaha.

Sedangkan Omnibus Law lapangan pekerjaan mencakup antara lain penyederhanaan perizinan, persyaratan investasi dan terkait ketenagakerjaan. Termasuk dalam hal sanksi ditarik dari criminal law menjadi administrative law. Yakni berupa denda atau dicabut izinnya. Begitupun pengadaan lahan terkait proyek pembangunan nasional (lahan yang dimiliki BUMN maupun kehutanan maka izinnya akan diurus oleh pemerintah) sehingga pihak swasta tinggal membangun proyeknya.

Termasuk kemudahan UMKM (dimana UMKM nanti tidak perlu memiliki perizinan namun hanya cukup melakukan pendaftaran yang di dalamnya sudah termasuk izin edar dan sertifikasi yang lain. Bahkan UMKM diberi kesempatan membuat PT sendiri), selanjutnya upaya kemudahan usaha dan dukungan riset inovasi.

Kelima, memperbaiki administrasi pemerintah dengan ini Presiden bisa membatalkan Perda- perda maupun peraturan Kementrian yang tidak harmonis, sehingga semuanya bisa satu jalan dalam pengambilan kebijakan.

“Tentu kita berharap potensi ekonomi ini tidak hanya yang ada di dalam negeri tetapi kita juga bisa melihat aset kita diimplementasikan dengan market yang lebih luas di perdagangan mancanegara. Saya berharap agar seluruh stakeholder dapat bekerjasama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” tutupnya.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa...


Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global

Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Prof.Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D  Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI mengataka...


Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal

Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Tri Raharjo mengatakan bahwa para pelaku bisnis franchise harus b...


Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand

Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Marketing dan inovasi merupakan suatu kunci keberhasilan sebuah brand. Demikian yang disampaikan CEO TRAS N CO Indonesia...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI