Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

500 Brand Champions

Posted by: 3992 viewer

500 Brand Champions
Founder INFOBRAND.ID, Tri Raharjo

Satu dekade terakhir terjadi perubahan behaviour masyarakat atas akses perolehan informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam memperoleh informasi. Sinyalemen tersebut terlihat dari makin melorotnya tiras sejumlah media cetak. Bahkan industri media mulai melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai instrumen menyampaikan informasi. 

Teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat mengetahuinya. Kini eranya telah berubah. Gelombang informasi  membuat masyarakat  berselancar dengan  teknologi internet (cyber) dengan begitu cepat. Dunia bagaikan global village yang berada di genggaman tangan.

Fenomena demikian berimplikasi pada perubahan pola dalam membangun brand. Bila pada gelombang ke-3 informasi, para pelaku usaha membangun  brand dengan mengandalkan kekuatan iklan melalui media massa, seperti cetak, elektronika (tv dan radio) dan media luar ruang. Pada era itu, brand-brand yang masuk kategori top of mind sulit digeser dengan brand pendatang baru.

IKLAN INFOBRAND.ID

Namun demikian, pakem tersebut tidak selamanya benar. Memasuki era gelombang ke-4 dengan teknologi digital merontokkan konsep dalam membangun brand. Betapa tidak, saluran informasi – sebagai  salah satu kekuatan instrumen membangun  brand, membuat para pemilik brand dituntut kepiawaiannya berakrobatik menyusun langkah pemasarannya untuk memenangkan pasar.

Saat ini menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sepanjang tahun 2017 lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet. Kepemilikan  smartphone terus meningkat. Tak kurang kini pengguna smartphone di Indonesia mencapai 100 juta jiwa. Tren demikian memberikan perubahan yang sangat signifikan terhadap perilaku konsumen. Perubahan perilaku tersebut terutama didorong oleh perkembangan media sosial, e-commerce, dan sharing economy.

Pun  pembahasan  konsep membangun  brand di kalangan generasi milenial seperti sekarang semakin luas. Banyak hal yang perlu dikaji kembali.  Misalnya,  unsur-unsur best brand dengan mempertimbangkan kondisi sekarang. Dulu, konsumen banyak dipengaruhi oleh iklan tv  maupun cetak sehingga porsi brand awareness dan ad awareness tinggi. Sekarang  hal itu bergeser. Kontribusi ad awareness tidak sebesar dulu lagi dalam menyumbang penilaian merek-merek terbaik.

Setiap tahun muncul brand-brand champion di setiap kategori produk/jasa. Kinerja brand mereka diapresiasi berbagai lembaga riset dan media.  Berangkat dari hal tersebut, INFOBRAND.ID  menggagas, Annual Brand Catalogue “500 Brand Champions” di Indonesia.

Annual Brand Catalogue  “500 Brand Champions” merupakan  rujukan  brand  selama satu tahun terakhir dan  sebagai arena publikasi brand .  Bagi calon konsumen, kehadiran Katalog ini  memudahkan mereka  dalam  memilih  produk.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sini akan diungkap bagaimana mereka menjadi  juara. Ada sisi insight digabungkan dengan profile masing-masing pemilik brand.  Tentang bagaimana  mencapai keberhasilan? Bagaimana upaya  membangun brand sejak berdirinya?  Seperti apa kegiatan  pemasaran offline  dan  bagaimana  aktifitas digital marketingnya? Dan seterusnya, hingga ditemukan bahwa brand tersebut benar-benar layak disebut CHAMPION.[]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...