Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ajinomoto Sharing Knowledge Penerapan K3L serta Program Ramah Lingkungan

Posted by: 800 viewer

Ajinomoto Sharing Knowledge Penerapan K3L serta Program Ramah Lingkungan
ajinomoto

INFOBRAND.ID-Ajinomoto Pabrik Karawang berkomitmen dalam menjalankan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) pada kegiatan produksi maupun aktivitas operasional lainnya. Komitmen dan penerapan K3L itu dikomunikasikan Ajinomoto kepada mahasiswa program studi K3, Kesehatan Lingkungan, dan Teknik Lingkungan dari berbagai universitas di Indonesia.

Kegiatan sharing penerapan K3L dan ramah lingkungan kepada mahasiswa program studi K3, Kesehatan Lingkungan, dan Teknik Lingkungan disampaikan Fazry Wibawa, HSE, WWT, & Utilization Section Manager Ajinomoto Pabrik Karawang serta Mukti Mulyawan, Corporate Planning & Sustainability Section Manager Ajinomoto.

 

“Aktivitas K3L di perusahaan manufaktur merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk dijalankan. Jika tidak, maka bisa dipastikan kegiatan produksi dan operasional lainnya akan sangat terganggu. Contoh dampak yang sangat terlihat jika K3L-nya tidak berjalan dengan baik adalah adanya kecelakaan kerja, yang tidak hanya berdampak pada pekerja yang mengalami kecelakaan, tapi pasti pengusaha pun ikut dirugikan,” terang Fazry.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk menerapkan K3L yang baik, Ajinomoto di Pabrik Karawang berpegang pada komitmen, inovasi, dan kolaborasi. "Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem bekerja yang sehat dan aman, sehingga salah satu hasil yang selalu berusaha kami capai adalah zero accident (nihil kecelakaan kerja). Selain itu, kami juga melakukan inovasi dengan bertransformasi memperkuat struktur organisasi di bidang HSE, dan mengadakan edukasi K3L berkala untuk semua pekerja di Pabrik Karawang, tentunya berkolaborasi dengan departemen lain di sini. Atas tercapainya zero accident, sejak tahun 2019 kami mendapatkan ‘Penghargaan Kecelakaan Nihil’ oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI. Pada masa pandemi Covid-19, kami juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI yaitu P2 Covid kategori platinum, atas kepatuhan regulasi dan penanganan Covid-19 demi keselamatan karyawan,” urai Fazry.

Selanjutnya, tim Ajinomoto yang diwakili oleh Mukti Mulyawan, Corporate Planning & Sustainability Manager juga menyampaikan informasi mengenai inisiatif ramah lingkungan yang dilakukan Grup Ajinomoto Indonesia.

“Grup Ajinomoto Indonesia memiliki visi untuk meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat dan mengurangi dampak lingkungan sebanyak 50% dari aktivitas bisnis perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut, kami memiliki konsep Health Provider yang merupakan sebutan untuk seluruh karyawan kami tentang berbagai upaya perusahaan dalam meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, dan pengurangan dampak lingkungan. Hal ini dilakukan guna membantu menyebarluaskan aktivitas di bidang kesehatan dan lingkungan yang perusahaan miliki kepada komunitas yang lebih luas,” terang Mukti.

 

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Berbagai program ramah lingkungan yang telah dilakukan Ajinomoyo adalah mengurangi buangan emisi karbon, meningkatkan efisiensi penggunaan raw material dan air pada proses produksi, pengurangan material plastik dengan inovasi produk MSG AJI-NO-MOTO kemasan kertas, menciptakan bank sampah sebagai upaya mengurangi penggunaan plastik di masyarakat dengan proses modifikasi dan daur ulang, melakukan praktik sirkular ekonomi melalui produk pupuk (AJIFOL & AMINA) dan produk penambah nutrisi bagi hewan ternak (FML) yang dihasilkan dan diolah dari limbah proses pembuatan MSG, yang mempunyai nilai jual di masyarakat maupun nilai ekonomi bagi perusahaan.

Ditambahkan Grant Senjaya, Head of Public Relations Department Ajinomoto Indonesia, di bidang kesehatan, Ajinomoto juga memiliki kampanye Bijak Garam. Melalui kampanye Bijak Garam, Ajinomoto ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi.

“Kampanye ini juga merupakan bukti komitmen karyawan Ajinomoto sebagai Health Provider untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi. Saat ini, Grup Ajinomoto Indonesia sedang meningkatkan literasi dan pengetahuan seluruh karyawannya untuk dijadikan sebagai Health Provider. Beberapa inisiatif dilakukan oleh Health Provider Ajinomoto sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas hidup sehat masyarakat dan kelestarian bumi Indonesia," pungkas Grant.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...