Ahad, 26 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

AP II: Kecerdasan Buatan di Bandara Mampu Tingkatkan Pelayanan Penumpang

Posted by: 1025 viewer

AP II: Kecerdasan Buatan di Bandara Mampu Tingkatkan Pelayanan Penumpang
Angkasa Pura 2/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di bandara bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan penumpang serta menghasilkan operasi bandara yang efisien.

"Kalau sekarang kami melakukan analisa traffic (lalu lintas) penerbangan, penumpang misalnya masih pendekatan manual semua," kata Awaluddin saat "Launching Project Dico Sky Horizon 2023" dikutip Antara, Kamis (7/9/2023).

Menurut dia lagi, kecerdasan buatan memungkinkan mereka merespon keluhan penumpang yang selama ini ditumpahkan melalui media sosial. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, kecerdasan buatan juga membantu memperpendek waktu tunggu penumpang mendapatkan layanan di bandara yang berarti semakin banyak waktu tersisa dan membuat mereka bisa berkeinginan untuk belanja.

"Rata-rata mereka menumpahkan keluhan di media sosial. Itu kita tidak bisa cepat tahu kalau tidak mereka melapor. Nanti, AI bisa merespon bagaimana sentimen analytic dibuat dalam sebuah tindak lanjut," ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran kecerdasan buatan di bandara juga membantu memahami karakteristik kebutuhan personal penumpang yang bisa berbeda dari hari ke hari.

"Kalau nanti sudah menggunakan AI kita bisa langsung ke personalisasi terhadap kebutuhan yang hari ini, berbeda dengan hari Senin di bandara kita. Itu yang kemudian konsep AI dengan basis advanced analytic dan machine learning itu menjadi sebuah pelayanan yang bisa dipersonalisasi," jelasnya.

Awaluddin menambahkan hadirnya AI di bandara juga dapat membantu memastikan misalnya bagaimana pengembangan rute, analisa slot, evaluasi dan optimalisasi harian di bandara termasuk di Soekarno-Hatta.

IKLAN INFOBRAND.ID

Masih dalam acara daring yang sama, Executive General Manager CGK dan Lead Sub Team Digital Exploration (DX) Dwi Ananda Wicaksana juga senada dengan Awaluddin. Dia mengatakan, kecerdasan buatan diyakini dapat mempersonalisasi pengalaman penumpang terhadap fasilitas atau servis yang diberikan di bandara.

Selain itu, menurut dia, AI yang dinilai semakin penting bagi seluruh aspek bisnis saat ini, tidak terkecuali di bandara juga dapat meningkatkan efisiensi di semua aspek termasuk aspek utama di internal bisnis bandara seperti operasi, fasilitas dan layanan, serta komersial.

Penggunaan AI ini, kata dia lagi, diyakini dapat dimanfaatkan bandara untuk aspek operasional sebagai contoh di dalam operasional kita ingin meningkatkan flow (aliran) penumpang, traffic (lalu lintas), mengoptimalkan pengaturan jadwal atau pergantian pesawat, meningkatkan sisi keamanan di bandara.

"Tentunya jika itu masih dilakukan secara manual, sangat tidak mudah dan membutuhkan sumber daya yang sangat tinggi," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sukses Gelar Promo Berbagi Hadiah, Gokana Hadirkan Menu Baru “Sushi Matsuri”

Sukses Gelar Promo Berbagi Hadiah, Gokana Hadirkan Menu Baru “Sushi Matsuri”
INFOBRAND.ID - Pada tahun 2024, Gokana merayakan ulang tahunnya yang ke-20 dengan bagi-bagi hadiah kepada para konsumen setianya dengan program prom...


Potensi Bisnis Digikidz di Indonesia: Peluang Emas bagi Para Mitra

Potensi Bisnis Digikidz di Indonesia: Peluang Emas bagi Para Mitra
INFOBRAND.ID – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan berbasis digital, Digikidz Indonesia, yang dikenal sebaga...


Satu Dekade, Sociolla Gelar Rangkaian Kegiatan yang Manjakan Customer

Satu Dekade, Sociolla Gelar Rangkaian Kegiatan yang Manjakan Customer
INFOBRAND.ID-Memasuki satu dekade (10 tahun) kehadirannya di Indonesia, Sociolla menggelar rangkaian program bertajuk “Celebrate All The Pretty...


Toshiba Hadirkan Mesin Cuci Front Loading Berteknologi Ultra Fine Bubble

Toshiba Hadirkan Mesin Cuci Front Loading Berteknologi Ultra Fine Bubble
INFOBRAND.ID-Awal tahun ini, Toshiba Indonesia memperkenalkan produk inovatif terbarunya dalam lini peralatan rumah tangga, yakni Mesin Cuci Front Loa...