Rabu, 28 Oktober 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Bisnis Online dan Digital Branding

Posted by: 17-10-2020 16:55 WIB 260 viewer

Penulis: Dr. Dita Amanah, MBA Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Bisnis Online dan Digital Branding
Digital branding. (Foto: Unsplash)

Tren pembelian online di masa new normal memicu perkembangan bisnis online di Indonesia. Di balik kondisi ekonomi yang menurun, justeru ada titik terang yang menciptakan peluang baru yaitu perdagangan elektronik yang semakin pesat berkembang akibat berkembangnya teknologi.

Transaksi pembelian secara online terus meningkat sejak pandemi hingga saat ini disebabkan munculnya konsumen baru yang beralih dari berbelanja secara konvensional (offline) ke online. Fenomena belanja online yang semakin disenangi konsumen menjadikan pelaku bisnis juga merubah bisnis mereka menjadi online, yang sebelumnya memasarkan produk secara konvensional. Pelaku bisnis saat ini bukan saja dikuasai kelompok, tetapi individu juga sudah banyak menjalankan bisnis online yang artinya persaingan di dalam perdagangan elektronik semakin ketat.    

Terkait dengan itu, kata kunci pada persaingan saat ini adalah strategi. Setiap pelaku bisnis harus memiliki strategi bersaing yang tepat agar dapat bertahan dan menjadi unggul dibanding yang lain. Salah satunya adalah dengan melakukan digital branding. Digital branding adalah pemilihan identitas oleh toko online yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen yang menjadikannya berbeda dengan pesaing.

Jadi harus dibuat menarik dan unik agar konsumen ingat dan terus tertanam di benak mereka. Aspek seperti logo, slogan, nama, warna, desain website, konten dan yang lainnya pada bisnis yang dijalankan harus diciptakan untuk memenuhi keunikan dan kemenarikan tersebut. Dominasi pasar saat ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan digital yang wajib dibangun oleh setiap pelaku bisnis. Pemanfaatan kekuatan digital dalam mencipakan merek menjadi keberhasilan pelaku bisnis saat ini.

Bagaimana membentuk digital branding? Diawali dengan menyadarkan konsumen akan merek yang sudah diciptakan (brand awareness) kemudian membentuk citra merek tersebut (brand image) diakhiri dengan menempatkan merek pada sebanyak mungkin media sosial yang tersedia saat ini agar dapat dilihat dan dikenal oleh masyarakat luas. Jadi, media sosial merupakan salah satu wadahnya, dimana pelaku bisnis mengkomunikasikan identitas (nilai-nilai merek) yang jika dilakukan dengan tepat maka akan menghasilkan kebermaknaan hubungan dengan konsumen.  

Era digital mewajibkan para pelaku bisnis mengadopsi strategi pemasaran digital agar dapat menang di pasar digital. Keunggulan-keunggulan produk dikomunikasikan secara online sehingga menunjukkan kepada banyak orang bahwa bisnis yang sedang dijalani ada di dunia digital. Oleh karena itu penting bagi pelaku bisnis untuk benar-benar memahami dan menerapkan digital branding dengan memanfaatkan teknologi internet agar dapat tercipta interaksi yang bermanfaat dengan masyarakat pada umumnya dan konsumen secara khusus karena hubungan yang dibina dengan baik oleh pelaku bisnis pasti akan membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Bisnis Online dan Digital Branding

Bisnis Online dan Digital Branding
Tren pembelian online di masa new normal memicu perkembangan bisnis online di Indonesia. Di balik kondisi ekonomi yang menurun, justeru ada titik tera...


Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa...


Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global

Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Prof.Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D  Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI mengataka...


Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal

Pelaku Bisnis Franchise Harus Bisa Melakukan Adaptasi di Masa New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Tri Raharjo mengatakan bahwa para pelaku bisnis franchise harus b...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI