Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Posted by: 719 viewer

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic
gojek-tokopedia

INFOBRAND.ID- Garibaldi "Boy" Thohir, Bos PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sekaligus Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah fundamental yang terjaga sehingga mampu mencetak profit. Hal ini berlaku bagi semua perusahaan termasuk yang berbasis tech company seperti GOTO.

"Orang bilang future, story line pada tech company. Berbeda dengan sekarang di mana harus bottom line-nya dulu. Karena era saat ini bukan hanya growth yang dipentingkan dan kembali back to basic, bahwa fundamentalnya harus bagus," jelasnya kepada Investor Daily, Kamis (26/1/23).

Ia mengatakan sudah mewanti-wanti hal tersebut dari jauh-jauh hari bahwa dalam berbisnis diharuskan menerapkan operasional yang efisien sehingga bisa mengantongi untung. "Kalau fundamentalnya bagus, kita ekspansi tidak tergantung dari investor, bisa dari cashflow sendiri sehingga company-nya sehat," ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut, kepada GOTO ia menyarankan untuk menata bisnis lebih baik lagi salah satunya dengan menerapkan efisiensi, mencetak untung dan bisnisnya mampu bertahan. "Imbauan saya sebagai yang lebih senior dari startup-startup itu pokoknya sekarang harus pikirin bisnis, go back to business. Namanya bisnis harus efisien, harus make profit, sehingga bisa sustain," pungkasnya.

Manajemen GOTO melaporkan total nilai transaksi (gross transaction value/GTV) kuartal III 2022 naik 33% mencapai Rp 161 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya dan melewati target kinerja yang telah ditetapkan antara Rp 151 triliun hingga Rp156 triliun. Sepanjang 9 bulan tahun ini, GTV GoTo mencapai Rp 451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp 324,94 triliun (proforma), meningkat 38,94%.

Sementara itu, pendapatan bruto Q3-2022 juga naik 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman yang ditetapkan antara Rp5,7 triliun hingga Rp 6,0 triliun. Pendapatan kotor dalam 9 bulan tahun ini juga naik 42,01% menjadi Rp 16,63 triliun dari sebelumnya Rp 11,71 triliun (proforma). Sementara itu, pendapatan bersih selama 9 bulan juga melesat 134,41% menjadi Rp 7,97 triliun periode yang sama tahun lalu Rp 3,40 triliun.

Sementara itu, rugi EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 3,7 triliun di kuartal III-2022, turun 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan 10% lebih kecil dibanding kuartal II-2022.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...