Kamis, 21 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

BRIsyariah Bidik Pelaku UKM, Gelar Kelas Keuangan Mikro di Cirebon

Posted by: 21-02-2019 09:03 WIB 104 viewer

BRIsyariah Bidik Pelaku UKM, Gelar Kelas Keuangan Mikro di Cirebon
Foto: dok BRIsyariah

PT Bank BRIsyariah Tbk atau yang lebih dikenal dengan BRIsyariah punya cara tersendiri dalam menggenjot pertumbuhan pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kali ini BRIsyariah hadir di acara Keuangan Syariah UKM Kreatif. Acara yang digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tersebut berlangsung pada Rabu, 20 Februari 2019 di Cirebon.

BRIsyariah memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan syariah dan permodalan perbankan syariah di hadapan 100 orang pelaku ekonomi kreatif di Cirebon dalam Seri Kelas Keuangan UKM Kreatif yang mengambil tema Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah dengan membawa langsung nasabah existing mikro BRIsyariah Ibu Trisalea pemilik Batik Salma. Acara ini menghadirkan Pimpinan Cabang BRIsyariah Cirebon Maman Sukiman dan Departemen Head Mikro BRIsyariah Kantor Pusat Wenni Sri Winastri sebagai narasumber dari BRIsyariah.

Dalam penjelasannya, Maman Sukiman menekankan siap mensupport pelaku usaha ekonomi kreatif melalui produk pembiayaan dan pendanaan Mikro Faedah BRIsyariah iB. Pentingnya mendukung kemajuan pelaku ekonomi kreatif saat ini sangat menentukan arah perekonomian Indonesia. "Dengan beragam usaha para pelaku ekonomi kreatif tentunya kami siap mensupport modalnya untuk bisa berkembang maju melalui produk pembiayaan dan pendanaan yang halal, cepat, mudah, berkelanjutan dan syar'i. Kami bangga mengantar para pelaku ekonomi kreatif mencapai tujuannya, Insya Allah menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat," ujar Maman.

Lebih lanjut Maman menjelaskan, "dukungan pembiayaan dan pendanaan pelaku ekonomi kreatif kami wujudkan melalui nasabah mikro BRIsyariah. Contohnya Ibu Trisalea selaku pemilik Batik Salma. Beliau telah menjadi mitra BRisyariah sejak tahun 2004. Kami support usaha batik Ibu Trisalea yang dirintis dari awal hingga berkembang pesat dan sudah terkenal di wiyalah Cirebon ini."

Wenni juga menambahkan sektor usaha yang dibiayai BRIsyariah saat ini 66% berlokasi di pulau Jawa. Cirebon menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pelaku ekonomi kreatif. Salah satunya di industri fashion batik. Kini, industri fashion batik di Cirebon semakin maju karena pemasarannya tidak lagi di gerai-gerai. Masyarakat di luar Cirebon bisa membeli produk buatan perajin Cirebon di toko-toko online. Melihat potensi bisnis yang besar di Cirebon, BRIsyariah menawarkan produk pendanaan dan pembiayaan mikro bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Bekraf pun menghadirkan financial planner, Ligwina Hananto untuk mengajari pelaku ekonomi kreatif cara mengelola keuangan usaha yang tepat. Owner Batik Trusmi Cirebon, Sally Giovani juga turut hadir untuk memotivasi pelaku ekonomi kreatif meraih sukses.

Mereka menjelaskan tentang pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi harus dipisahkan dengan membuat laporan keuangan untuk mengetahui secara pasti omzet maupun laba usaha. Menurut mereka, pelaku ekonomi kreatif mampu mengevaluasi bisnis sekaligus menentukan strategi untuk ekspansi usaha melalui laporan keuangan usaha yang tercatat dengan baik.

Program edukasi untuk pelaku bisnis UMKM ini telah dimulai sejak Bekraf berdiri pada tahun 2015. BRIsyariah sebagai bank ritel modern dan satu-satunya bank syariah yang menyalurkan KUR syariah tentu sangat peduli pada pelaku ekonomi kreatif dengan mengapresiasi acara ini. “acara ini sangat bagus, karena di sini pelaku ekonomi kreatif bisa mendapatkan ide-ide baru dan juga informasi mengenai pengelolaan keuangan. Bagi mereka yang belum memulai bisnis pun sangat bagus. Sekarang zamannya serba mudah. Generasi muda milenial pun mudah jika ingin memulai usahanya. Pemasarannya bisa dilakukan secara online. Apalagi sudah ada Bekraf sebagai wadahnya. kami akan membantu para pelaku industri kreatif untuk terus berkembang,” ungkap Indriati Tri Handayani selaku Sekretaris Perusahaan BRIsyariah.

Seiring berkembangnya usaha, pelaku ekonomi kreatif bisa mengakses pembiayaan perbankan syariah, salah satunya melalui BRIsyariah. "Kami menargetkan peningkatan pembiayaan usaha mikro hingga sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019. Semoga cita-cita BRIsyariah di tahun konsumer ini dapat terwujud melalui ridho Allah SWT dan tentunya ikhtiar serta implementasi budaya kerja PASTI OKE para insan BRIsyariah di seluruh Indonesia," tutup Indri.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


CSR Indosat Ooredoo Peduli Sentani Jayapura

CSR Indosat Ooredoo Peduli Sentani Jayapura
Membantu masyarakat korban banjir bandang di wilayah Sentani-Jayapura yang saat ini masih berada di pengungsian dan mulai mengalami berbagai gangguan...


Brand Supreme Luncurkan Beragam Inovasi Produk

Brand Supreme Luncurkan Beragam Inovasi Produk
Supreme yang dikenal sebagai brand fesyen belum lama ini merilis produk terbarunya. Brand streetwear tersebut baru saja meluncurkan produk Meteran Ban...


Digitalisasi Ekosistem, Lazismu Gandeng GOJEK & GO-PAY

Digitalisasi Ekosistem, Lazismu Gandeng GOJEK & GO-PAY
GOJEK dan GO-PAY kembali menunjukkan komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital lewat pemanfaatan teknologi. Kali ini, untuk mendorong pertu...


Sambal Tabur Pertama di Indonesia Resmi Berganti Logo

Sambal Tabur Pertama di Indonesia Resmi Berganti Logo
PT Kobe Boga Utama hari ini resmi mengubah tampilan logonya. Hal itu dilakukan sebagai bukti bahwa Kobe terus melakukan beragam inovasi. "Tahu...


Go Fast A-1000, Inovasi Terbaru Propan Raya

Go Fast A-1000, Inovasi Terbaru Propan Raya
PT Propan Raya berupaya untuk terus menghadirkan inovasi terbarunya. Belum lama ini, Propan Raya menghadirkan koleksi anyarnya di pameran bahan bangun...


Google.org Menyumbangkan US$1 Juta untuk Risiko Bencana di Indonesia

Google.org Menyumbangkan US$1 Juta untuk Risiko Bencana di Indonesia
Belum lama ini, Google.org mengumumkan pemberian hibah senilai US$1 juta kepada Yayasan Sayangi Tunas Cilik (mitra dari Save the Children) untuk memba...


Hadir di Festival Jajan Bango 2019, BRIsyariah Beri Kemudahan Bertransaksi

Hadir di Festival Jajan Bango 2019, BRIsyariah Beri Kemudahan Bertransaksi
Ribuan orang tumpah ruah dalam Festival Jajan Bango (FJB) 2019 yang diselenggarakan pada 16-17 Maret 2019 di area parkir Squash, Gelora Bung Karno Sen...


Antusiasme Ratusan Bikers Suzuki Yogyakarta, Meriahkan Tempat Wisata

Antusiasme Ratusan Bikers Suzuki Yogyakarta, Meriahkan Tempat Wisata
Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi daerah yang benar-benar istimewa bagi Suzuki berkat antusiasme 700 bikers turut serta menjadi peserta ajang Suzuki...


Kalsi Meluncurkan Inovasi Terbaru

Kalsi Meluncurkan Inovasi Terbaru
Konsistensi akan suatu kinerja dan pencapaian, masih menjadi spirit dalam PT. Etex Building Performance Indonesia (PT. EBPI). Salah satunya dengan kon...


Vitabumin Meriahkan Lomba Mewarnai Ibu dan Anak TK ABA 31 Surabaya

Vitabumin Meriahkan Lomba Mewarnai Ibu dan Anak TK ABA 31 Surabaya
INFOBRAND.ID – Vitabumin turut memeriahkan gelaran bertajuk “Lomba Mewarnai Ibu dan Anak” yang dihelat dalam rangka Open House TK AB...


Komunitas Bukalapak Gelar Ranger Camp Nusantara 2019

Komunitas Bukalapak Gelar Ranger Camp Nusantara 2019
INFOBRAND.ID – Komunitas Bukalapak kembali menggelar Ranger Camp Nusantara untuk yang keempat kalinya sejak 2016 lalu. Acara yang berlangsung di...


Dekat Dengan Publik, Natasha Skin Care Selenggarakan Kegiatan Beauty Class

Dekat Dengan Publik, Natasha Skin Care Selenggarakan Kegiatan Beauty Class
Untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, Natasha Skin Clinic Center By Fredi Setyawan atau Natasha Skin Care menyelenggarakan beragam kegiatan menari...


Milan Tiles Luncurkan New Collection of Habitat

Milan Tiles Luncurkan New Collection of Habitat
Milan Tiles sebagai merk ubin terkemuka di Indonesia, kembali menunjukan komitmennya untuk menghadirkan produk berkualitas bagi para konsumen dengan t...


Transformasi Digital Banking, BRIsyariah Sukses Tingkatkan Loyalitas Nasabah di Era Digital

Transformasi Digital Banking, BRIsyariah Sukses Tingkatkan Loyalitas Nasabah di Era Digital
INFOBRAND.ID – Di tahun 2019, BRIsyariah yang sudah mulai melakukan transformasi digital banking melalui pengembangan mobile banking bersama BRI...


RATTA, Produk Terbaru dari PT M-Class Industry

RATTA, Produk Terbaru dari PT M-Class Industry
PT M-Class Industry, tidak pernah lelah untuk menghadirkan suatu produk yang sesuai ataupun diinginkan oleh customernya. Terbaru, perusahaan yang dike...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATE










Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS




Index