Ahad, 19 Januari 2025

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Burang Riyadi: Franchisor & Franchisee Harus Kompak

Posted by: 4796 viewer

Burang Riyadi: Franchisor & Franchisee Harus Kompak
Burang Riyadi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Franchising di Indonesia saat ini masih didominasi oleh bisnis kuliner. Hal ini terlihat dari partisipasi peserta pameran franchise skala besar pada 2018 dan 2019 masih dimonopoli bisnis kuliner yang aktif menawarkan bisnisnya.

Konsultan waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi menyebut terdapat sektor usaha lanjutan yang juga cukup atraktif dalam menawarkan skema kemitraan bisnis.

“Sekalipun demikian, dari data klien IFBM mengungkapkan bahwa sektor jasa juga menunjukan geliat positif dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Sektor jasa tersebut antara lain klinik, salon, perawatan tubuh, pendidikan dan ritel yang mempersiapkan bisnis franchisenya,” ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Burang, identifikasi bisnis franchise yang sukses biasanya karena didukung oleh empat hal. Pertama, bisnis modelnya unggul untuk menang bersaing.

“Artinya, business model itu mempunyai faktor-faktor yang membuat lebih banyak orang membeli produknya [dibandingkan bisnisnya kompetitor]. Dan business model ini juga mempunyai potensi keuntungan yang lebih tinggi dari bisnis sejenisnya yang lain,” terangnya.

Kedua, bisnis yang dibuka oleh franchisee (penerima waralaba) terletak di lokasi yang tepat, yaitu lokasi yang berada di kantung target market bisnisnya. Ketiga, outlet tersebut dikelola oleh orang yang serius menjalankan bisnisnya dengan antusias dan bertanggung jawab.

“Serta yang keempat adalah adanya program marketing yang berkesinambungan, setelah pembukaan outlet,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Burang, setiap bisnis yang dikembangkan oleh franchisor perlu berorientasi agar usaha mitra franchisee itu sukses, tahan lama (sustainable), dan berkembang. Untuk itu, franchisor perlu mempunyai program-program yang mendukung, seperti program relationship, program pengembangan, dan program dukungan lainnya (training, marketing, branding).

IKLAN INFOBRAND.ID

“Franchisor tidak akan sukses jika mitra franchiseenya tidak serius. Oleh sebab itu franchisor wajib memastikan pemilihan franchisee yang tepat dan cocok serta ‘nurut’ dengan petunjuk sistem usaha,” katanya.

“Jika ada franchisee yang tidak mengikuti petunjuk dari franchisor, maka sebaiknya kerjasamanya diputuskan saja. Karena hal ini akan berimbas kepada jaringan franchisee yang lain dan akan membuat pengelolaan franchisor menjadi repot,” sambungnya.

Selain itu, Burang juga menyarankan para investor untuk menanyakan pengalaman franchisee bisnis tersebut yang telah lebih dulu membuka usaha. Kemudian, perlu juga untuk mengetahui apakah franchisornya mempunyai tim kerja yang memadai untuk mensupport jaringan outlet yang dimiliki atau tidak (bukan franchisor one-man-show).

“Perhatikan juga apakah perusahaan franchisornya itu mempunyai training center, pergudangan yang baik, sistem keuangan yang baik, dan program marketing yang panjang. Jika hal itu dimiliki franchisor, maka calon franchisee boleh pertimbangkan untuk membeli franchise-nya,” tutup Burang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Jajaran Peraih Indonesia Digital Popular Brand Award Platinum 2020-2024

Ini Jajaran Peraih Indonesia Digital Popular Brand Award Platinum 2020-2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – INFOBRAND.ID kembali menggandeng TRAS N CO Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consulting (certified Google Partner) unt...


Publikasikan Berbagai Prestasi Perusahaan dan Brand, INFOBRAND.ID Kembali Luncurkan Katalog Corporate & Brand Champions 2025

Publikasikan Berbagai Prestasi Perusahaan dan Brand, INFOBRAND.ID Kembali Luncurkan Katalog Corporate & Brand Champions 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Untuk kedelapan kalinya, INFOBRAND.ID kembali menghadirkan Annual Achievement Report Catalogue: Corporate & Brand Champion...


INFOBRAND.ID Sukses Gelar the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025

INFOBRAND.ID Sukses Gelar the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Media INFOBRAND.ID sukses menggelar forum nasional the 5th INFOBRAND SUMMIT 2025, ajang pertemuan pelaku usaha, akademis...


Shop&Drive Mantapkan Posisi sebagai Bengkel “Kelas Wahid” dengan Inovasi Berkelanjutan

Shop&Drive Mantapkan Posisi sebagai Bengkel “Kelas Wahid” dengan Inovasi Berkelanjutan
INFOBRAND.ID-Shop&Drive, bengkel mobil yang berada di bawah naungan PT Astra Otoparts Tbk, kembali membuktikan kualitasnya sebagai bengkel “...