Selasa, 18 Juni 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Cara Kimia Farma Apotek Perluas Pasar Healthcare

Posted by: 12-03-2019 14:05 WIB 161 viewer

Cara Kimia Farma Apotek  Perluas Pasar Healthcare
dok. Kimia Farma Apotek

Kimia Farmasi Apotek (KFA) adalah anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk yang didirikan tahun 2003 untuk mengelolah bisnis layanan kesehatan mulai dari gerai ritel farmasi, klinik kesehatan dan laboratorium diagnostik.

Sejalan dengan akan diberlakukannya Universal Health Coverage maka kegiatan bisnis KFA dirubah visinya menjadi healthcare company yang menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat. “Kami memang fokus untuk mengembangkan jaringan bisnis layanan kesehatan dengan memperluas jaringan outlet yang berkualitas di seluruh Indonesia,” terang Imam Fathorrahman, CEO PT Kimia Farma Apotek. Tercatat hingga saat ini KFA memiliki 1138 apotek, 530 klinik, 10 optik, dan 55 laboratorium diagnostik yang tersebar  di lebih dari 170 kota di tanah air.

Tak pelak, pertumbuhan penjualan KFA tahun 2018 diperkirakan tumbuh sekitar 23% hingga akhir tahun. Pertumbuhan ini sangat spektakuler mengingat pertumbuhan di sektor bisnis apotek diperkirakan hanya tumbuh 3 – 4% saja. “Kenapa bisa? Kami mencoba mendefinisikan kebutuhan pelanggan dengan sangat clear. Dan kami terus berkomitmen melayani secara professional, menyediakan obat-obatan yang lengkap dan berkualitas serta mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Program transformasi merupakan program utama untuk melakukan perubahan diberbagai aspek. Kami juga sedang mengembangkan value guna menjawab kebutuhan customer kami di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) agar organisasi lebih lincah dan adaptif dengan kebutuhan dan keinginan customernya,” papar Alumni Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya ini.

Alhasil sejak 2013 beberapa  pencapaian  pun diperoleh. Sampai dengan tahun 2018 KFA telah mendapatkan 10 penghargaan antara lain : Gold Champion WOW Brand 2018, The Most Promising Brand 2018 kategori Apotek dari Majalah Franchise Indonesia, Bronze Winner dalam BUMN Marketers Award kategori The Most Promising Company in Tactical Marketing, Corporate Image Award 2018, Indonesia Original  Brand 2018 dari Majalah SWA, dan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 kategori  Apotek  dari  TRAS N CO Indonesia. “Kami juga raih penghargaan internasional di Kategori Corporate Subsidiary BUMN yang diselenggarakan  di Turki,” kata Imam.

Di era industri 4.0, PT Kimia Farma (Persero) Tbk telah melakukan improvement dan inovasi melalui strategi Digital Transformasi di seluruh lini bisnis dari hulu ke hilir. Hal ini merupakan salah satu dari 3 grand strategy PT Kimia Farma yang meliputi perbaikan kualitas sumber daya manusia, digitalisasi, dan kemitraan yang digagas oleh Direktur Utama Kimia Farma (Persero) Tbk Bapak Honesti Basyir sejak tahun 2017. Uniknya, perusahaan ini didukung lebih dari 60% karyawan dari generasi milenial yang memperkuat situasi ini menjadi mudah dan bertransformasi lebih cepat.” tutur Imam.

Ia beralasan, saat ini saluran komunikasi digital lebih efektif dan lebih murah. Dampaknya lebih terasa. Inisiatif itu juga diambil dari generasi milenial di KFA dengan melakukan engagement terhadap customer melalui Customer Experience. Melibatkan customer untuk membangun brand, apa ekspektasi mereka, semua belajar dari keinginan customer melalui digital dan itu menjadi challenge bagi business process yang dilakukan KFA selama ini.

Dilakukan improve business process dimana KFA bisa lebih adaptif terhadap perubahan yang terjadi. “Kami open resources, bekerjasama dengan banyak provider karena konsumen saat ini membutuhkan kemudahaan akses. Kami kombinasikan layanan offline dan online agar saling melengkapi,” kata Imam.-Adv


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Vitabumin Berselancar di Blue Ocean

Vitabumin Berselancar di Blue Ocean
Bagi netizen terutama kaum ibu muda,  merek Vitabumin bukanlah hal baru. Brand besutan PT AKSAMALA  Adi Andana ini sangat populer di antara...


TrueMoney Dobrak  Pasar Grassroot

TrueMoney Dobrak Pasar Grassroot
Sesuai dengan positioningnya  sebagai lembaga unbank, TrueMoney menyasar kelas C, D dan E. Mulai dari pembelian pulsa, pembayaran rekening secara...


SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper

SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper
Bermula dari misi sederhana PT  Softex Indonesia lahir di tahun 1974  ingin  menjadi bagian dari keluarga Indonesia dan apa saja kebutu...


SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker

SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker
Adalah SUPERSPRING ahlinya GPS Tracker Kendaraan. Sekali klik kata SUPERSPRING dari search enginee, dalam hitungan detik anda akan menemukan website :...