Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Citi Indonesia & Indonesia Business Links Dukung Kemandirian Finansial Bagi Generasi Muda Melalui Skilled Youth Program Tahap II

Posted by: 2538 viewer

Citi Indonesia & Indonesia Business Links Dukung Kemandirian Finansial Bagi Generasi Muda Melalui Skilled Youth Program Tahap II
CEO Citi Indonesia Batara Sianturi (tengah) didampingi Ketua Dewan Pembina dan Pendiri IBL Heru Prasetyo dan Director, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki saat berfoto bersama

Citi Indonesia (Citibank) melalui payung kegiatan kemasyarakatannya Citi Peka (Peduli dan BerKarya) bersama lembaga nirlaba Indonesia Business Links (IBL), kembali menggelar Program Skilled Youth tahap II. Bagi Citi, program ini merupakan bagian dari komitmen 50 tahun dedikasi Citi untuk Indonesia dan secara global, merupakan implementasi dari inisiatif Pathways to Progress yang dilaksanakan di berbagai negara di dunia.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyampaikan, “Tahun lalu, kami mengumumkan ekspansi global dari Pathway Progress yang diiniisiasi oleh Citi Foundation. Di Indonesia, komitmen ini kami wujudkan melalui kerjasama dengan lembaga nirlaba, Indonesia Business Link, dalam menghadirkan Skilled Youth Program. Program ini berorientasi pada terbukanya kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi generasi muda melalui peningkatan kapasitas dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja siap kerja, maupun menjadi seorang wirausaha yang handal.”

Bertujuan untuk membantu mengurangi pengangguran di kalangan generasi muda muda  usia  16 -24  tahun di kota-kota besar di dunia termasuk Indonesia, Pathways to Progress merupakan  komitmen  filantropi  terbesar  sepanjang  sejarah  dari  Citi  Foundation,  dengan investasi  tambahan sebesar USD  100  juta untuk memberikan dampak positif dan impact bagi 500.000 anak muda di seluruh dunia hingga tahun 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menyatakan, “Saat ini di dunia, termasuk di Indonesia, terdapat 1,2 miliar anak muda, dimana 156 juta memiliki pekerjaan namun masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lebih lanjut, terdapat 71 juta anak muda yang tidak memiliki pekerjaan, angka ini 3x lebih banyak dibandingkan pengangguran usia dewasa. Inilah yang menjadi dasar bagi Citi untuk berkomitmen dan berupaya membantu generasi muda di berbagai kota di dunia untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan mereka agar relevan dengan kebutuhan dan tren di pasar saat ini.”

Adapun di Indonesia, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di usia 15-24 tahun mendominasi jumlah keseluruhan pengangguran yang ada. Lebih lanjut, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi terjadi pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu sebesar 11,41% dari total 7,04 juta pengangguran per Agustus 2017

Karenanya, pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi agenda penting yang kerap dicanangkan pemerintah, serta menjadi bagian dari pengimplementasian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Kolaborasi yang dilakukan Citi Indonesia bersama IBL merupakan contoh kemitraan multi-pihak dalam mendukung penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang diusung pemerintah. Kami percaya, pengangguran kaum muda akan teratasi bila sektor bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan akademisi dapat bekerjasama dari sisi peningkatan kapasitas, membuka peluang kerja, mendorong kewirausahaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif. Menggunakan pendekatan Skilled Youth-Bekerja dan Skilled Youth-Berwirausaha, program Skilled Youth memberikan kesempatan bagi pemuda untuk meningkatkan kapasitas, guna membuka kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” jelas Ketua Dewan Pembina Indonesia Business Links Heru Prasetyo.

Program Skilled Youth tahap II bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi para pemuda berusia 16-25 tahun termasuk siswa SMK yang berlokasi di Bekasi, Cikarang dan Karawang melalui  peningkatan kemampuan baik soft-skill maupun hard-skill, pendampingan bisnis kewirausahaan serta bimbingan kerja. Dengan dukungan Citi Foundation, program yang telah berlangsung sejak Agustus 2017 hingga Juni 2018 ini telah berhasil menjangkau 249 pemuda, melampui target yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 200 peserta.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di Citi, program ini merupakan bagian dari salah satu pilar kegiatan CSR Citi yaitu kesempatan ekonomi bagi generasi muda atau kami sebut sebagai Youth Economic Opportunity. Melalui program ini, Citi berharap semakin banyak kaum muda yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka, dalam hal peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki,  sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi di daerah dan tanah air.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024

Primadona Giant POLYTRON Diganjar Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Bukan rahasia lagi jika mencuci pakaian menjadi pekerjaan rutin yang melelahkan dan menyita waktu. Untuk membuatnya lebi...


Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Hadirkan CCTV Inovatif, Immersive Tech Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kehadiran CCTV sekarang ini telah menjadi kebutuhan, karena dengan keberadaan CCTV mampu meningkatkan keamanan rumah dan berba...


Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produk minuman kesehatan Flimbeauty Flimcol berhasil memperoleh penghargaan di bidang inovasi dari media INFOBRAND.ID yang bek...


Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma

Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah keberagaman tren wewangian, diffuser wewangian menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya mampu untuk menyebark...