Rabu, 20 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Digital Branding Atau Tergerus?

Posted by: 13-03-2019 15:31 WIB 15 viewer

Digital Branding Atau Tergerus?
CEO IMFocus, Alex Iskandar

Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era digital, membuat banyak merk harus ekstra memacu diri melakukan  digital branding agar tetap jadi pilihan yang paling populer di masyarakat. Itu sebabnya diperlukan kreativitas, kapasitas, dan inovasi agar mampu memenangkan persaingan saat ini.

Menurut CEO IMFocus Alex Iskandar, banyak brand mulai aware memanfaatkan kehadiran digital channel, baik untuk sekedar engagement, tetapi juga menaikkan sales revenue. Fenomena tersebut adalah cara tepat menyapa dan mempertahankan existing customer-nya dengan baik, sehingga bisa tetap survive dan berkembang.

Oleh karena itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus menggagas pengukuran popularitas merk di internet melalui ajang Indonesia Digital Popular Brand Award. Survei yang dilakukan murni melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independen, kredibel dan akuntabel, dengan menggunakan tiga parameter (alat ukur) penilaian, yakni: social media based, search engine based, dan website based.

Yang menarik dari survei ini, kata Alex,  IMFocus menambahkan dua penilaian baru yaitu Youtube pada social media menggantikan penilaian twitter pada tahun lalu. Dan trafik pada penilaian website based yang juga tidak ada pada tahun lalu. “Youtube dipilih mengingat twitter di Indonesia belakangan lebih condong ke politik.  Bagaimana pun Youtube merupakan search engine kedua terbesar setelah google. Untuk website based kami survei merek yang memiliki minimal 10.000 pengunjung,” ujarnya sambil menambahkan ada banyak tahap dilakukan dalam mencari kandidat pemenang  Indonesia Digital Popular Brand Indonesia (IDPBA) dengan langkah  melakukan mapping, verifikasi website dan  akun socmed. Kemudian data diolah dan analisa , dilakukan penilaian dan quality control, keabsahan nilai, setelah itu  pemenang diumumkan.

Kini semua isyu di internet telah merubah cara kita berbisnis. Semua pemilik brand memiliki kesempatan yang sama untuk terkenal dan brand yang sudah terkenal harus tetap eksis di dunia digital. Itu akan menjadi tantangan tersendiri.

Sekarang orang membaca media cetak hanya untuk membuang waktu. “Kita mencari informasi langsung buka search enginee. Bandingkan berapa banyak informasi dari TVC, radio dan majalah?  Dibandingkan informasi dari online! Kini media cetak mulai berguguran dan beralih ke online.

Kata Alex, boleh jadi di era digital marketing ini, Air Minum Dalam Kemasan Aqua belum tentu tetap menjadi nomor satu. Kapan saja merek lain bisa menyalip dalam satu atau dua tahun. “Padahal di dunia sebelum era online,  pemilik mereka punya uang banyak baru bisa berpromosi. Sekarang asal eksis di social media dan brand bisa terkenal.”tambahnya.

Alex menambahkan, di jaman ini pemilik brand dengan Rp100 juta bisa beriklan tiga sampai sampai bulan dengan dahsyat. []

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...