Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ekspor Toyota Indonesia Mencapai 2,5 Juta Unit

Posted by: 549 viewer

Ekspor Toyota Indonesia Mencapai 2,5 Juta Unit
Toyota Indonesia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mengekspor kendaraan T-Brand (Toyota Brand) hingga menembus total 2.520.754 unit ke hampir 100 negara di dunia.

Menurut Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam, jumlah tersebut merupakan total ekspor yang dilakukan sejak 1987 hingga saat ini.

“Peran industri otomotif nasional sebagai industri padat karya begitu penting. Selain itu, pencapaian ekspor industri otomotif nasional merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia yang ke depan dapat terus berkembang dan meningkat kontribusinya bagi neraca dagang Pemerintah,” kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Kamis (19/10/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan data Gaikindo sepanjang Januari hingga September 2023, Toyota Indonesia mencatat pencapaian ekspor sebesar 213.901 unit, naik 2,5 persen dengan performa ekspor di periode yang sama di tahun 2022 (208.775 unit).

Kendaraan berjenis SUV merajai lini pasar dengan total ekspor 112.241 unit, disusul MPV seperti Kijang Innova Zenix, Avanza, Town/Lite Ace 22, dan Veloz sebanyak total 74.176 unit.

Tipe sedan, hatchback, dan LCGC seperti Yaris, Agya, dan Yaris Cross menembus total ekspor 27.484 unit. Sementara kinerja ekspor kendaraan Completely Built Up (CBU) mencapai sebanyak 379.498 unit.

“Tentunya keberhasilan produk berteknologi tinggi industri otomotif nasional ini tidak dapat diraih tanpa kekuatan rantai pasok yang terdiri dari ribuan perusahaan supply chain dari hulu hingga hilir yang menjadi sumber penghidupan lebih dari 300 ribu karyawan di dalamnya,” ujarnya. 

Perjalanan kegiatan ekspor Toyota Indonesia awalnya dirintis sebagai importir, dan saat ini berhasil menjadi bagian dari industri otomotif nasional dengan beberapa pencapaian ekspor besar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Aktivitas ekspor perdana Toyota Indonesia pada tahun 1987 dimulai dengan produk Kijang generasi ketiga yang dikirimkan secara tradisional menggunakan tali pengait dan dikapalkan ke Brunei Darusalam serta beberapa negara di kawasan Asia Pasifik.

Selang beberapa tahun kemudian, kinerja ekspor kendaraan T-brand terus berkembang dengan menambah beberapa lini model. Hingga di tahun 2017, pencapaian ekspor kendaraan Toyota Indonesia sudah mencapai 200 ribu unit, volume tertinggi sejak lima tahun terakhir.

Selain melakukan ekspor kendaraan secara utuh, Toyota Indonesia juga melakukan ekspor kendaraan dalam bentuk terurai (CKD), ekspor mesin, komponen dan alat pendukung produksi (dies & jigs).

Sejak tahun 2019 kendaraan konversi seperti cash carrier, well-cab, dan patrol car juga diekspor oleh Toyota Indonesia ke mancanegara.

Prestasi performa ekspor industri otomotif nasional berlanjut di tahun 2022, Indonesia menjadi negara pertama yang membuka keran ekspor Toyota ke Australia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Momen itu turut menandai pencapaian dua juta unit kinerja ekspor Toyota Indonesia dengan seremoni yang berlangsung di pabrik Karawang dan disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut, Bob mengatakan tahun 2022 juga menjadi tahun yang menandai keberhasilan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang memiliki daya saing.

SDM Tanah Air berhasil memproduksi Kijang Innova Generasi 7 Zenix dengan varian ICE dan Hybrid Electric Vehicle (HEV), menggunakan baterai yang dirakit secara lokal. Produk otomotif berteknologi tinggi itu berhasil diekspor ke Kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

“Hal ini menunjukkan kekuatan SDM nasional yang tidak hanya unggul dalam bentuk populasi saja, namun juga berdaya saing tinggi karena berhasil menghasilkan produk-produk otomotif berteknologi tinggi ke pasar global,” kata Bob menambahkan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...