Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks

Posted by: 3463 viewer

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks
Ilustrasi tantangan PR/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Adanya digitalisasi dan big data di berbagai sektor saat ini memang sangat membantu kinerja seorang public relations (PR) menjadi lebih cepat dan tepat. 

Meski begitu, seorang PR juga ditantang untuk terus meningkatkan dan mengasah kompetensi mereka agar mampu bersaing dengan PR yang lain.

Prita Kemal Gani, Founder Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, mengatakan seorang PR harus mnghadapi tantangan di bawah ini untuk sukses.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pertama adalah tantangan globalisme, menurut Prita seorang PR harus memiliki jaringan luas secara global, memiliki kapabilitas global dan juga standar kompetensi global

Tantangan kedua menurut Prita adalah Growth-Hi-Tech, komunikasi internal sama pentingnya dengan komunikasi eksternal. 

Terkadang sebagai PR, yang dipikirkan hanyalah mengenai konsumen. Padahal, yang seharusnya diajak berkomunikasi terlebih dahulu adalah pihak internal. Komunikasi ini dapat dilakukan secara digital.

Ketiga, pendidikan. Menurut Prita menjadi PR harus kreatif dan inovatif. Itulah sebabnya PR harus menyukai seni. 

PR juga harus memiliki banyak imajinasi. Pasalnya, saat pers rilis tak hanya berbentuk tulisan tetapi juga dalam bentuk foto. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, seorang PR harus mampu memproduksi rilis dengan foto dan teknik editing yang baik. Boleh dibantu fotografer, namun PR lah yang tetap menjadi konseptornya.

Tantangan keempat adalah eekrutmen. Maklum saja, sekarang ini praktisi PR tak hanya berasal dari latar belakang ilmu komunikasi melainkan dari bidang-bidang ilmu lain.

Tantangan Kelima adalah Research. Menurut Prita tidak ada pekerjaan PR yang dilakukan tanpa riset. Sebab, tanpa riset seorang PR tidak dapat merespons isu yang tengah berkembang secara tepat.

Tantangan selanjutnya menurut Prita adalah etika dan profesionalisme, untuk hal ini seorang PR harus menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Salah satunya adalah memperhatikan penampilan, tepat waktu, akurat, akuntabel, dan berperilaku baik.

Kemudian, tantangan terakhir yakni reputasi PR. Saat ini CEO mulai sadar akan pentingnya kehadiran PR. Sebagai seorang PR harus memikirkan cara agar CEO menjadi populer. Pasalnya, peran CEO cukup besar dalam membangun reputasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...