Garda Mobile Otocare telah hadir pada 2015 silam, dan terus mengalami pengembangan hingga saat ini, bermula dari impian Garda Oto untuk memberikan peace of mind yang tidak hanya bagi pelanggan, namun juga bagi masyarakat umum non pelanggan.
Di sisi lain Garda Oto juga menyadari akan adanya peningkatan penetrasi internet pada masyarakat, yang mulai memiliki kecendrungan untuk lebih memilih segala sesuatu yang dapat diakses secara cepat, fleksibel, dan sederhana.
“Untuk itulah, kami mengemas peace of mind kami secara digital dalam bentuk aplikasi yang ditunjukan sebagai partner berkendara masyarakat yang kemudian kami namakan dengan Garda Mobile Otocare,” ujar Laurentius Iwan Pranoto selaku Head of Communication Asuransi Astra kepada INFOBRAND.ID
Aplikasi Garda Mobile Otocare ini juga dibuat agar pengguna dapat lebih mudah untuk melakukan klaim, di dalam aplikasi mobile tersebut terdapat 3 fitur yaitu:
1.Claim Report
Menu Claim Report berfungsi memudahkan proses pengajuan klaim hanya dengan mengisi formulir singkat dan mengunggah dokumen terkait, setelah itu pelanggan akan menerima nomor Laporan Kejadian, cukup tunjukkan nomor Laporan Kejadian ini, survei klaim di kantor cabang atau Garda Center terdekat pun bisa dilakukan tanpa harus mengantre.
2.Claim Status
Claim Status menawarkan kemudahan memantau perkembangan proses perbaikan kendaraan di bengkel terpilih tanpa harus menelepon, buka saja Otocare maka status perbaikan bisa langsung diketahui.
3.Emergency
Menu Emergency membantu pelanggan yang sedang mengalami kondisi darurat untuk meminta bantuan, juga tanpa harus menelepon Garda Akses 1 500 112, Cukup tekan tombol Emergency, maka secara otomatis lokasi pelanggan akan terlacak dan petugas Garda Siaga akan menghubungi pelanggan, menariknya, foto dan nama petugas Garda Siaga akan tampil di menu Emergency sehingga memungkinkan pelanggan mengetahui detail petugas yang akan membantunya.
Untuk terus mampu melawan persaingan bisnis yang semakin ketat Iwan mengatakan aplikasi Garda Mobile Otocare itu telah merambah fitur Near Me, yang tak bukan merupakan fitur yang dapat memungkinkan pengguna untuk mengetahui berbagai lokasi layanan umum terdekat dari titik mereka, seperti lokasi rumah sakit, pom bensin, dan kantor polisi.
Bahkan, fitur terbaru yang dimiliki aplikasi Garda Mobile Otocare ialah fitur Friends, yang memungkinkan sesama pengguna untuk mengetahui lokasi pengguna lainnya, hal ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan komunitas untuk melacak titik lokasi pada anggotanya saat melakukan touring.
“Kami selalu mengupayakan pengembangan demi pengembangan dalam Garda Mobile Otocare, mengembangkan yang memang di butuhkan masyarakat, karena aplikasi yang usefull tentunya akan selalu digunakan , selain itu secara berkala kami akan memberikan berbagai voucher belanja secara Cuma-Cuma pada seluruh pengguna Garda Mobile Otocare,” jelas Iwan.
Iwan pun beberkan hingga bulan juni 2018 ini Garda Otocare telah diunduh sebanyak lebih dari 120.000 kali, “Sejauh ini pun Garda Mobile Otocare mendapat respon positif karena seluruh fitur di dalamnya merupakan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.”
Terbukti, Iwan bocorkan aplikasi Garda Mobile Otocare ini pernah dapatkan apresiasi yang dijadikan sebagai bukti bahwa semua yang dilakukan perusahaan Garda Oto merupakan hal yang tepat, dan terus dijadikan motivasi untuk dapat terus ciptakan pengembangan yang jauh lebih baik.
Terakhir, Iwan menjelaskan kedepannya Garda Mobile Otocare akan terus dikembangkan untuk kepentingan pelanggan Garda Oto, sehingga terus mendapatkan pengalaman yang berkesan dan mendapatkan kemudahan selama menjadi partner Garda Oto.
Sesuai tujuan awalnya, aplikasi ini dibuat untuk dapat menjadi partner berkendara bagi penggunanya, namun Iwan juga menekankan bahwa aplikasi ini tak semata hanya untuk pelanggan tapi non pelanggan pun bisa ikut merasakan keuntungan di dalam aplikasi tersebut.