Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

HSBC Gelontorkan USD100 Juta Bantu Pengusaha Wanita Melalui PNM Mekaar

Posted by: 402 viewer

HSBC Gelontorkan USD100 Juta Bantu Pengusaha Wanita Melalui PNM Mekaar
HSBC Indonesia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) menggelontorkan dana pinjaman sebesar USD100 juta melalui program PT Permodalan Nasional Madani (PNM), yaitu PNM Mekaar, untuk membantu para perempuan pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

Managing Director Wholesale Banking HSBC Indonesia Riko Tasmaya mengungkapkan dana yang digelontorkan melalui PNM sekitar USD100 juta untuk program yang bisa menyasar sekitar 175 ribu pengusaha mikro wanita prasejahtera.

"PT PNM dipilih sebagai mitra penyaluran pinjaman karena telah memiliki jangkauan dan program pemberdayaan UMKM yang berkembang baik di seluruh Tanah Air sehingga diyakini akan berdampak signifikan terhadap perekonomian nasional," kata dia kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut dia lagi, sebagian besar UMKM dikelola oleh perempuan sehingga pinjaman yang dikhususkan untuk mengembangkan pengusaha mikro wanita prasejahtera tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

Menurut laporan PT Bank Rakyat Indonesia, 60,81 persen pelaku usaha yang mengikuti program PNM Mekaar mengaku pendapatan mereka meningkat. Selain itu, 48 persen dari mereka juga menyatakan bahwa program tersebut membantu mereka untuk memperbaiki aset yang dimiliki.

Selain itu, para pelaku usaha perempuan tersebut juga mendapatkan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan bisnis mereka.

“Jadi, jangan sampai hanya dikasih uangnya saja lalu tidak ada dampaknya. Kami juga ingin melihat apakah program ini bisa meningkatkan kemampuan yang mereka punya sehingga mereka benar-benar diberdayakan gitu,” ujarnya.

Untuk itu dia berharap, melalui upaya ini para penerima manfaat program PNM Mekaar dapat memberdayakan para pelaku usaha lain di sekitar mereka.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Upaya ini sejalan dengan visi tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan (environment, social, and governance/ESG) yang diterapkan oleh HSBC secara global, terutama pilar sosial," jelasnya.

Dia menambahkan, walaupun pinjaman yang diberikan bersifat komersil, namun sasaran penerima dan program penyaluran yang digunakan menjadikan dana tersebut berdampak sosial (social trade loan).

“Upaya ini kami lakukan demi membantu perempuan untuk memaksimalkan semua potensinya untuk memberikan dampak yang lebih besar, baik terhadap diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal Bersama media di Rampstar Kitchen bera...


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...