Produsen kopi kenamaan dalam negeri, Kapal Api, terus mempertahankan eksistensi bisnis dengan berhasil meraih penghargaan bergensi tahun ini. Terbaru, brand yang berada dibawah naungan PT Santos Jaya Abadi tersebut sukses menggondol trofi Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 untuk kategori Island and Coffee Booth melalui Kedai Kopi Kapal Api.
OOH Manager PT Santos Jaya Abadi Musa Hartanto mengatakan bahwa apresiasi yang diterima pihaknya merupakan buah manis kerja keras seluruh tim yang terkait dalam usaha Kapal Api.
“Dalam menangkap peluang pasar kita harus memanfaatkan seluruh saluran yang ada, termasuk di dalamnya adalah media digital. Penghargaan ini merupakan bukti konsistensi kami untuk mengikuti tren yang sedang terjadi di masyarakat,” ujarnya di Manhattan Hotel, Jumat (30/8).
Kedigdayaan Kapal Api di ranah maya dapat diamini. Sebab, brand asal Kota Pahlawan-Surabaya itu diketahui memiliki lebih dari 1 juta fans di Facebook. Belum lagi pada platform Instagram dengan ribuan pengikut. Data lain juga menyebut bahwa Kapal Api merupakan brand yang dicari sekitar 4.400 orang setiap bulannya di internet. Tak ayal, Kapal Api kerap menjadi perbincangan netizen Tanah Air dalam berbagai kesempatan.
“Dengan berbagai konten yang telah kami berikan pada channel digital kami, diharapkan Kapal Api dapat semakin mendekatkan diri dengan konsumen dan meningkatkan engagement. Dari sana juga kami berusaha menggali apa yang konsumen butuhkan,” tuturnya.
Untuk diketahui, Kedai Kopi Kapal Api mulai didirikan pada 2010 sebagai bagian dari inovasi brand ini dalam menjawab tantangan pasar. Menurut penuturan Musa, Kedai Kopi Kapal Api saat ini telah mempunyai lebih dari 300 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
“Kedai Kopi Kapal Api kini juga telah merambah beberapa negara Asia Tenggara. Di Malaysia kami sudah ada lima gerai dan akan kami tambah lima gerai lagi. Kemudian di Filipina cabang kami ada enam, dan akan ada penamhanan lima gerai baru,” imbuhnya.
Sebagai informasi, Kapal Api merupakan pemain kakap dalam industri kopi. Tidak hanya di dalam negeri, kiprah Kapal Api juga harum di mancanegara. Tercatat, brand yang dirintis oleh Go Soe Loet pada 1927 ini menjadi penguasa market kopi di Tanah Air dengan pangsa pasar yang mencapai 60%.
Berdasarkan data Euromonitor, lembaga riset asal Inggris, Kapal Api merupakan produsen kopi terbesar ketiga di dunia dengan market share sebesar 5,5%. Adapun, valuasi pasar kopi global sendiri untuk tahun ini diperkirakan mencapai US$102 miliar.