Selasa, 22 September 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Indonesia Raup US$4,1 Miliar di China International Import Expo 2019

Posted by: 14-11-2019 16:09 WIB 417 viewer

Indonesia Raup US$4,1 Miliar di China International Import Expo 2019
China International Import Expo (CIIE) 2019

 Partisipasi Indonesia pada The 2nd China International Import Expo (CIIE) 2019 yang digelar di Shanghai, Tiongkok pada 5—10 November 2019 membukukan nilai transaksi sebesar USD 4,1 miliar. Capaian transaksi ini berasal dari kegiatan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk produk biji plastik daur ulang, sarang burung walet, oleo chemical, serta batu bara.

“Perolehan tersebut menunjukkan peluang pasar Tiongkok masih terbuka lebar. Selain itu, nilai tersebut masih ada kemungkinan untuk bertambah,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward.

Dody menyampaikan, terdapat potensi transaksi dagang yang masih ditindaklanjuti untuk produk biskuit, kopi, jus, sarang burung walet, produk turunan kelapa sawit, dan biji plastik daur ulang. Selain itu, terdapat penandatanganan MoU untuk proyek investasi dari Tiongkok.

China Coal Import Summit 2019

Di sela CIIE, Dody juga menghadiri pertemuan China Coal Import Summit (CCIS) 2019 di Shanghai, Tiongkok pada Sabtu (9/11). Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan CIIE 2019.

 Pada pertemuan ini, Dody menyampaikan peluang ekspor batu bara Indonesia ke pasar Tiongkok. “Ekspor batu bara Indonesia ke Tiongkok berpeluang untuk terus ditingkatkan, mengingat masih banyak potensi sumber daya yang masih dapat dikelola,” ujarnya.

Dody menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan terus menjadi pemain penting dalam industri pertambangan global dengan produk utama batu bara, tembaga, emas, timah, bauksit, dan nikel. Indonesia menjadi salah satu penghasil batu bara terbesar di dunia.

Sementara, Tiongkok adalah tujuan utama ekspor batu bara Indonesia. Ekspor batu bara Indonesia ke Tiongkok terus meningkat selama dua tahun terakhir dan memiliki potensi untuk tumbuh. Pada 2018, ekspor batu bara ke Tiongkok mencapai USD 6 miliar dengan pangsa hampir 25 persen dari total ekspor Indonesia ke dunia.

Dody melanjutkan, selain sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, batu bara memainkan peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat dalam mempromosikan perdagangan berkelanjutan dengan mendorong peningkatan produk pertambangan bernilai tambah dan membuat peraturan pendukung untuk memberikan peluang pendirian pabrik pengolahan serta pemurnian mineral di Indonesia.

Sumber daya dan cadangan mineral dan batu bara Indonesia masih prospektif di masa depan, baik untuk industri hulu maupun industri hilir. Namun demikian, industri batu bara Indonesia masih membutuhkan investasi untuk memaksimalkan potensinya

Sebagai mitra utama dalam perdagangan batu bara Indonesia, Tiongkok diharapkan dapat berinvestasi dalam pengembangan teknologi batu bara bersih yang akan diterapkan di Indonesia. Indonesia akan melanjutkan reformasi perdagangan dan investasi untuk menjadi lebih terintegrasi ke dalam ekonomi dunia,” terang Dody.

Pada pertemuan ini, Dirjen PEN bersama Duta Besar RI di Beijing Djauhari Oratmangun menyaksikan penandatanganan MoU antara perusahaan batu bara seluruh dunia dengan perusahaan Tiongkok dengan volume total mencapai 82

,2 juta ton. Dari total volume tersebut, batu bara asal Indonesia tercatat sebesar 40,56 juta ton dari 19 perusahaan Indonesia.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Tingkatkan Pengetahuan Soal Kanker, Sequis Ajak Masyarakat Siapkan Anggaran Kesehatan 

Tingkatkan Pengetahuan Soal Kanker, Sequis Ajak Masyarakat Siapkan Anggaran Kesehatan 
JAKARTA - Kanker masih menjadi penyakit mematikan hingga saat ini. Pada tahap awal, penderita kanker sering tidak menyadari mereka terkena penyakit in...


Topstrore, Tawarkan Income dari Aktivitas Belanja Rutin

Topstrore, Tawarkan Income dari Aktivitas Belanja Rutin
JAKARTA - Di saat Pandemi Covid-19, saat ini dibutuhkan solusi ekonomi yang bisa dikerjakan dari rumah dan dengan modal yang kecil. Tentunya teknologi...


Minuman Serat Flimty Dipercaya Membantu Turunkan Berat Badan

Minuman Serat Flimty Dipercaya Membantu Turunkan Berat Badan
JAKARTA - Banyak penyakit ringan hingga penyakit berbahaya berasal dari saluran pencernaan. Terlebih di era yang canggih dan serba instan ini hampir s...


Hari Jadinya ke-45 Polytron Gelar Ngobrol 45ik

Hari Jadinya ke-45 Polytron Gelar Ngobrol 45ik
JAKARTA - Sejak tahun 1975, Polytron hadir sebagai produsen elektronik, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan pengalaman baru melalui produk el...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI