Sabtu, 28 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Industri Otomotif Dituntut Ciptakan Solusi Kendaraan Listrik yang Diminati Masyarakat

Posted by: 05-12-2019 10:07 WIB 331 viewer

Industri Otomotif Dituntut Ciptakan Solusi Kendaraan Listrik yang Diminati Masyarakat
Economic Outlook "Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0"

INFOBRAND.ID - Industri otomotif dipandang telah memberikan sumbangsih besar dalam menopang perekonomian nasional. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian berupaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, guna mendorong penambahan investasi baru maupun perluasan usaha di sektor industri otomotif. Pemerintah sendiri berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, telah memprioritaskan pengembangan lima sektor manufaktur yang dinilai mampu memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya adalah otomotif.

Apreyvita Wulansari selaku Direktur Operasional IDX Channel mengatakan sejalan dengan semangat pemerintah, IDX Channel ikut terus mengawal perkembangan industri otomotif tanah air, agar berjalan sesuai target dan publik bisa mendapatkan informasi yang utuh.

Saat ini, perkembangan teknologi sudah memasuki otomasi atau memasuki era revolusi industri 4.0, yang diprediksi akan mempengaruhi kecepatan perkembangan industri otomotif ke depannya. Padahal di era sebelumnya, perubahan desain atau model hingga sistem kendaraan minimal baru berganti setelah 10 hingga 15 tahun. Sehingga, dengan adanya perkembangan teknologi dan Otomasi atau robotic dalam industri otomotif, maka proses efisiensi akan tercipta. Bahkan bisa menghemat beban biaya industri.

Sementara Putu Juli selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementrian mengatakan produksi dan penjualan otomotif nasional sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2018 telah mencapai rata- rata di atas 1,2 juta unit/tahun, dimana banyak industri komponen lokal yang ikut bertumbuh seiring dengan adanya peningkatan produksi tersebut.

"Saat ini, kendaraan buatan Indonesia sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di dunia, dengan 5 negara tujuan utama ekspor yaitu, Filipina, Saudi Arabia, Jepang, Meksiko dan Vietnam. Pemerintah menargetkan Industri Otomotif mampu memproduksi sebanyak 1,5 juta unit kendaraan pada 2020," katanya dalam acara Economic Outlook "Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0" di Bursa Efek Indonesia, Rabu, (4/12/2019).

Namun demikian, Kementrian Perindustrian juga memastikan, bahwa penerapan Industry 4.0 tidak akan menggantikan atau mengurangi peran tenaga kerja manusia, tetapi justru dapat mendorong peningkatan kompetensi mereka untuk memahami penggunaan teknologi terkini di industri.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik atau mobil listrik. Dimana, melalui aturan baru tersebut, pemerintah ingin mendorong industri otomotif, dengan membangun industri mobil listrik di Indonesia.

Tidak mau kalah, Zainal Arifin selaku Vice President Pengembangan Teknologi dan Standarisasi PT PLN Persero mengatakan PT PLN siap mendukung era kendaraan listrik yang diwujudkan dalam menyiapkan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Terdapat dua Skema bisnis SPKLU yang digagas PLN, yaitu Company Owned Company Operated (COCO) dan partner Owned Partner Operated (POPO).

Dukungan lain dari PLN yaitu, memberikan diskon tambah daya listrik sebesar 75% bagi pemilik motor listrik dan diskon 100% atau garis bagi pemilik mobil listrik, agar pemilik kendaraan listrik bisa menggunakan station charging di masing- masing rumahnya tanpa kendala daya listrik.

Atas dasar itulah, sebagai salah satu channel televisi yang fokus pada isu ekonomi, bisnis dan capital market, IDX Channel mengundang berbagai narasumber untuk mengisi seminar Economic Outlook I "Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0". Harapannya, seminar Ini bisa menjadi ajang diskusi dan rujukan bagi regulator dan stake holder, agar perkembangan Industri otomotif bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0

Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0
Integrasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi atau dikenal dengan Era 4.0 sejatinya berpusat pada otomatisasi teknologi yang secara l...


Membangun Corporate Image Melalui Media Digital

Membangun Corporate Image Melalui Media Digital
Public Relation (PR) adalah sebuah profesi yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya bedanya, dulu sebelum internet berkembang pesat seper...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan...


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index