Rabu, 08 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Dua Kunci Utama Mengembangkan Bisnis Kuliner Kekinian Ala Martabak Orient

Posted by: 1346 viewer

Ini Dua Kunci Utama Mengembangkan Bisnis Kuliner Kekinian Ala Martabak Orient
ILustrasi bisnis kuliner/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 terus menginvasi berbagai sektor, tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner. Banyak dari mereka yang terpaksa gulung tikar akibat pandemi. 

Padahal, usaha kuliner merupakan salah satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang menjadi penyumbang terbesar struktur Produk Domestik Bruto (PDB), yakni 41 persen dari keseluruhan sektor ekonomi kreatif tersebut.

Berdasarkan data, subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif sebesar Rp1.134,9 triliun pada tahun 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sepanjang tahun 2020, terdapat 3,7 juta UMKM yang on boarding sehingga total ada 11,7 UMKM yang sudah bertransformasi ke ranah digital, dari yang sebelumnya hanya 8 juta UMKM.

Angka itu sudah memenuhi sepertiga dari target 30 juta UMKM yang beralih ke digital.

Salah satu yang bertahan dan tetap meningkatkan penjualan adalah Martabak Orient, Lantas apa kuncinya sehingga bisnis kuliner ini tetap dmininati pelanggan meski berada di masa pandemi.

Berikut kiat dari Founder Martabak Orient, Affan Achmad Affandi, tentang kunci sukses usahanya seperti dikutip Antara, Jumat (3/9/2021).

1. Kreativitas.
Menurut Perwakilan GoFood Partner Sukses itu, kreativitas sangat penting dalam membangun bisnis kuliner "kekinian" sehingga dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan walaupun berada di kondisi pandemi yang tidak mudah.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kita harus kreatif menangkap kesempatan dengan memahami tren pasar agar dapat bertahan dan bangkit di tengah kondisi yang menantang, penting untuk memahami tren dan preferensi pelanggan dalam mengkonsumsi kuliner," kata Affan.

2. Digitalisasi
Selain kreativitas, digitalisasi juga menjadi penting agar kuliner kekinian mampu menghasilkan keuntungan di saat pandemi. Menurut Affan, Martabak Orient melakukan digitalisasi untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

"Kami berusaha untuk menggunakan sosial media sebagai upaya promosi dan bergabung di GoFood agar bisa mempromosikan berbagai produk dan membuka akses ke pelanggan seluas-luasnya," ujarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Pencucian, Primadona Giant Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Pencucian, Primadona Giant Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Ketika waktu dan efisiensi menjadi kunci, tak ada lagi peralatan rumah tangga yang mewakili esensi ini selain mesin cuci. Mesi...


Kinerja Avrist Assurance 2023 Ditopang Enam Produk Utama

Kinerja Avrist Assurance 2023 Ditopang Enam Produk Utama
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Avrist Assurance berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp144,5 miliar tahun lalu. Dikatakan Direktur Bisnis PT Avrist Ass...


Devoteam G Cloud Indonesia Optimis Produk Google Cloud Ubah Bisnis Jadi Cemerlang

Devoteam G Cloud Indonesia Optimis Produk Google Cloud Ubah Bisnis Jadi Cemerlang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan konsultan teknologi informasi, Devoteam G Cloud Indonesia meyakini ke depan, produk Google Cloud, termasuk artifici...


Wings Food Gelar Halal Bihalal bersama Anak Yatim di Pesantren As-Syafi’iyah

Wings Food Gelar Halal Bihalal bersama Anak Yatim di Pesantren As-Syafi’iyah
INFOBRAND.ID - Sebagai bagian dari komitmennya untuk berbagi kebaikan dan memperkuat ikatan sosial di masyarakat, WINGS Food telah mengadakan serangka...