Ahad, 15 Desember 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Ini Keunggulan Permendag 71/2019 Bagi Industri Waralaba

Posted by: 02-12-2019 13:39 WIB 65 viewer

Ini Keunggulan Permendag 71/2019 Bagi Industri Waralaba
Ilustrasi Pameran Waralaba

Waralaba nasional semakin berkembang dan kompetitif dengan waralaba asing. Perkembangan dan daya saing waralaba nasional ini didorong melalui penyempurnaan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba.

"Peraturan  Menteri  Perdagangan  Nomor  71  Tahun  2019  diterbitkan  untuk  mendorong  pertumbuhan wirausahawan  waralaba  nasional  agar  semakin  kompetitif  dan  mampu  bersaing  dengan  waralaba asing. Kebijakan baru ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industrinya sebagai pemasok bahan  baku  dalam  bisnis  waralaba,"kata  Direktur  Jenderal Perdagangan  Dalam  Negeri  Suhanto dalam pembukaan pameran Info Franchise and Business Concept di Jakarta, Jumat (22/11).

Menurut    Suhanto,    beberapa    penyempurnaan    dalam    peraturan    terkait    waralaba    ini    adalah menyederhanakan  proses  permohonan  Surat  Tanda  Pendaftaran  Waralaba  (STPW)  secara  daring, menghilangkan   batasan    persentase    dalam    kewajiban   penggunaan    produk   dalam   negeri,    dan menyederhanakan  dokumen  persyaratanSTPW  sehingga pemberi  waralaba  cukup  menyampaikan prospektus penawaran waralaba dan penerima waralaba cukup menyampaikan perjanjian waralaba.

Usaha waralaba saat ini meningkat pesat. Tercatat sebanyak 370 STPW telah diterbitkan selama sepuluh tahun terakhir, dengan tingkat rata-rata pendaftaran per tahunnya sebesar 10,4 persen.

"Jumlah   waralaba   nasional   yang   terus   meningkat   ini   tentunya   juga   dapat   membuka   peluang kesempatan  kerja  yang  lebih  luas  bagi  masyarakat.  Untuk  itu,  kami  terus  berkomitmen  mendorong kemajuan waralaba nasional,"jelas Suhanto.

Waralaba  menjadi  salah  satu  sistem  bisnis  yang  mudah  diterapkan  oleh  wirausahawan  atau  calon wirausahawan  yang  ingin  memiliki  usaha tanpa harus  memulai dari  awal.  Selain  itu, produk  yang  dijual juga sudah dikenalmasyarakat.

"Melalui   pameran   waralaba   ini,   diharapkan   masyarakat   dunia   usaha   semakin   terbuka   terhadap peluang-peluang baru. Baik yang datang dari dalam, maupun luar negeri,"pungkas Suhanto.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Terus Genjot Ekspor, Kemendag Siap Pimpin Misi Dagang ke Taiwan

Terus Genjot Ekspor, Kemendag Siap Pimpin Misi Dagang ke Taiwan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Usai sukses dengan misi dagang ke beberapa negara tujuan ekspor sebelumnya, Kementerian Perdagangan kembali akan melakukan mis...


Laporan UNDP: Indeks Pembangunan Manusia RI Masuk Kategori Tinggi

Laporan UNDP: Indeks Pembangunan Manusia RI Masuk Kategori Tinggi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - United Nations Development Program (UNDP) merilis laporan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia yang mencapai 0,707 pada...


Mengintip Kinerja Bisnis Bank Mandiri

Mengintip Kinerja Bisnis Bank Mandiri
JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang baik hingga triwulan III 2019. Dimana...


Forum E-Commerce Indonesia 2019: Perkuat Akselerasi Peningkatan Ekspor Indonesia

Forum E-Commerce Indonesia 2019: Perkuat Akselerasi Peningkatan Ekspor Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta pemangku kepentingan e-commerce (niaga elektronik) berkolaborasi mendukung peningk...