Jum'at, 29 September 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Inisiatif Keberlanjutan EF demi Majukan Pendidikan di Indonesia

Posted by: 586 viewer

Inisiatif Keberlanjutan EF demi Majukan Pendidikan di Indonesia
EF-DOK.3

INFOBRAND.ID-Memajukan pendidikan di Tanah Air, terutama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan pengembangan metode fun learning berkesinambungan, menjadi komitmen EF Indonesia, yang dikenal sebagai sekolah Bahasa Inggris terbesar di dunia.

Komitmen tersebut diwujudkan EF Indonesia melalui berbagai inisiatif seperti pelatihan pengembangan kapasitas guru pendidik bersama Bantu Guru Belajar Lagi (BGBL), penyelenggaraan webinar Cara Mudah Mengajar Bahasa Inggris di PAUD bersama Paudtalk, dan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia melalui kolaborasi program EF Hello Future bersama Indonesia Mengajar.

Dituturkan Afan Suryadi, Country Director EF English First Kids & Teens, upaya yang dilakukan tidak hanya menggunakan metode dan program belajar yang EF selenggarakan, melainkan juga melalui implementasi program dukungan di bawah payung program Corporate Social Responsibilities (CSR) yang berfokus pada kolaborasi dan keberlanjutan. “Sudah saatnya bersama-sama kita mengakselerasi kesiapan dan ketangkasan generasi penerus bangsa menyambut era Society 5.0,” ucapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Marketing Director EF Kids & Teens Amalia Yaksa Parijata menambahkan, “EF terus berupaya memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia saat ini dan nanti. Berbekal pengalaman lebih dari 30 tahun dalam mengasah dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris peserta didik di lebih dari 80 sekolah yang tersebar di 35 kota besar di Indonesia, EF ingin bisa mengeliminir tantangan dari adanya perbedaan bahasa, budaya dan faktor geografis. Oleh karena itu, kami konsisten terus memperluas dan memperkuat kolaborasi untuk memberikan kebermanfaatan berkelanjutan, baik lewat program yang tengah kami jalani atau yang disinergikan dengan berbagai mitra strategis.”

Lebih jauh ia menjelaskan, sejak tahun 2014 hingga saat ini, EF telah mengirimkan Pengajar Muda guna mendukung pengembangan kapasitas guru ke beberapa daerah pelosok Indonesia seperti Kabupaten Natuna-Riau, Kabupaten Paser di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Boalemo-Gorontalo. Lebih dari 40 guru Bahasa Inggris dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Boalemo telah mendapatkan pelatihan yang membantu mereka dalam mengembangkan pembelajaran kreatif melalui media digital secara hybrid.

Tahun ini, menjadi tahun kelima EF mendukung program Pengajar Muda EF Hello Teacher. Bersamaan dengan milestone Hari Pendidikan Nasional 2023, EF dan Indonesia Mengajar akan mengaktivasi rangkaian kegiatan onsite di Boalemo, Gorontalo. Mulai dari pelatihan guru, kelas inspirasi dan pelatihan Bahasa Inggris sederhana untuk anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga berkegiatan bersama masyarakat desa.

Selanjutnya, EF juga telah berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan pelatihan dan pengenalan modul Fun Learning bagi tenaga pendidik (Guru SD/SMP). Rencana program telah diterima oleh Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk direalisasikan mulai bulan Mei tahun 2023 hingga jelang akhir tahun 2024 mendatang. Adapun daerah-daerah penerima manfaat program tahun ini adalah Kabupaten Lombok Tengah (Mandalika), Kabupaten Samosir (Danau Toba), Kabupaten ADM. Kep. Seribu, dan Kabuapten Probolinggo (Bromo). “Tahun 2024, program akan berlanjut ke Kabuapten Pandeglang (Tanjung Lesung) dan Kab. Belitung (Tanjung Kalayang), dan daerah lainnya yang akan ditentukan oleh Disdik,” ia menambahkan.

Sinergi lain yang saat ini juga tengah EF upayakan bersama pemerintah, yakni program edukasi Bahasa Inggris bagi SDM pariwisata yang akan difokuskan untuk wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

IKLAN INFOBRAND.ID

Juli Simatupang, Director of Corporate Affairs EF Indonesiamengatakan, seluruh program dikolaborasikan bersama EF Center dari masing-masing wilayah. “Kami sangat mengapresiasi sambutan dari para pemangku kepentingan terhadap setiap upaya dan langkah yang kami tempuh untuk bisa memberikan kebermanfaatan jangka panjang, tidak hanya bagi para pelaku pendidikan, tapi juga sektor lainnya dan masyarakat Indonesia secara luas. Kami berharap upaya dan program yang kami hadirkan dapat terealisasi dengan baik dan bermanfaat,” harapnya.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Begini Komitmen Coca-Cola Jalankan Praktik Ekonomi Sirkular di Indonesia

Begini Komitmen Coca-Cola Jalankan Praktik Ekonomi Sirkular di Indonesia
INFOBRAND.ID-Menjalankan praktik ekonomi sirkular di Indonesia menjadi komitmen yang dijalankan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indones...


PLN Salurkan Bantuan Ternak ke Warga di Sekitar PLTP Ulumbu Manggarai

PLN Salurkan Bantuan Ternak ke Warga di Sekitar PLTP Ulumbu Manggarai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT PLN (Persero) mendukung peningkatan ekonomi warga sekitar PLTP Ulumbu di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dengan me...


Dukung Pembangunan IKN, Pertamina Jalankan Tiga Program TJSL

Dukung Pembangunan IKN, Pertamina Jalankan Tiga Program TJSL
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menjalankan tiga pilar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk 3.900 orang masyarakat...


Peruri Alirkan Air Bersih ke Lokasi Terdampak Kekeringan

Peruri Alirkan Air Bersih ke Lokasi Terdampak Kekeringan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perum Peruri menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah lokasi yang terdampak kekeringan di Karawang, Jawa Barat, sebagai bagi...