Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

KAI Terus Bertransformasi Menuju Solusi Ekosistem Transportasi

Posted by: 1184 viewer

KAI Terus Bertransformasi Menuju Solusi Ekosistem Transportasi
KAI INDONESIA

INFOBRAND.ID-Sebelum era transformasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih berorientasi pada produk: fokus pada fungsinya sebagai moda transportasi. Tahun 2009 menjadi tonggak bersejarah dimulainya transformasi KAI dengan revitalisasi perseroan menjadi service oriented company dan mengusung visi sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. 

Revitalisasi dilakukan dengan tetap berpegang pada brand positioning KAI sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi penumpang, angkutan logistik, dan jasa lainnya yang in line dengan KAI. Dengan arahan tersebut, maka revitalisasi dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan menciptakan anak-anak usaha yang lebih spesifik seperti  KAI Wisata, KAI Logistik, KAI Commuter, KAI Bandara, KAI Service, dan KAI Properti.

Transformasi yang konsisten ini membuahkan hasil, dengan perbaikan kinerja keuangan pada tahun ketiga pasca transformasi (2012). KAI membukukan margin hingga Rp425 miliar, jumlah yang sangat signifikan dibandingkan kinerja sebelum transformasi (2008) yang merugi hingga Rp83 miliar. Pendapatan terus meningkat hingga pandemik 2020-2021 mengerem laju pertumbuhan KAI.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pandemik yang membatasi mobilitas penduduk itu telah menyebabkan KAI membukukan rugi bersih sebesar Rp1,69 triliun sepanjang 2020. Padahal, pada 2019, KAI masih mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,02 triliun.

Untuk mengatasi dampak pandemik kepada kinerjanya, pada 2021, bertepatan dengan perayaan 75 tahun KAI, perseroan ini meluncurkan program bertajuk “Adaptif, Solutif, Kolaboratif untuk Indonesia.” Langkah Adaptif diwujudkan dengan terus berinovasi, cepat menyesuaikan diri, melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi, serta efisiensi, antara lain dengan menambah fitur-fitur KAI Access dan menggunakan big data untuk mengetahui minat dan kebiasaan pelanggan, sehingga KAI dapat melayani dan menghadirkan layanan sesuai keinginan mereka.

Seiring dengan berlalunya pandemik, kinerja KAI mulai pulih Kembali. Pada semester I 2022, KAI menghasilkan laba bersih sebesar Rp740 miliar, atau tumbuh 254% dibandingkan Semester I 2021 yang merugi Rp480 miliar. Di samping peningkatan laba, KAI juga membukuk an kinerja EBITDA yang positif, sebesar Rp2.078 miliar atau tumbuh signifikan jika dibandingkan Semester I 2021 Rp548 miliar.

Dalam siaran pers-nya pada 8 Agustus lalu, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan perkembangan kinerja KAI pada Semester I 2022. Menurut Didiek, dua segmen bisnis utama KAI, yaitu angkutan penumpang dan angkutan barang memberikan kontribusi signifikan kepada kinerja KAI.

Pada angkutan penumpang, volume pelanggan kereta api pada Semester I 2022 meningkat 42% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari sisi angkutan barang, volume angkutan pada Semester I 2022 meningkat 15%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pencapaian positif pada pendapatan perusahaan juga diiringi dengan peningkatan biaya, namun peningkatan biaya tersebut dapat dikelola dan dijaga pertumbuhannya di bawah pendapatan operasional dengan terus diimbangi dengan upaya-upaya efisiensi yang ketat. “Efisiensi lainnya yang KAI lakukan di antaranya dengan menurunkan biaya melalui restrukturisasi pinjaman dengan cara rescheduling pembayaran atau renegosiasi tarif bunga. KAI juga memprioritaskan investasi yang memberikan peningkatan produktivitas angkutan di masa yang akan datang serta investasi strategis nasional yang memberikan manfaat kepada masyarakat seperti LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan berbagai penugasan lainnya,” kata Didiek.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...