Kamis, 23 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Kalahkan China, Indonesia Jadi Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia

Posted by: 24-04-2019 11:11 WIB 140 viewer

Kalahkan China, Indonesia Jadi Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia
Ilustrasi Boneka Barbie

JAKARTA, INFOBRAND.IDBoneka merek Barbie yang diproduksi oleh PT Mattel Indonesia berhasil mengalahkan produksi China dengan torehan sebesar 60 persen untuk seluruh pasar global. Ini sekaligus menandakan bahwa Indonesia telah menjadi produsen boneka Barbie terbesar di dunia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto baru-baru ini di Jakarta. Menurut dia, 6 dari 10 boneka yang beredar di dunia berasal dari Indonesia. “Boneka-boneka itu dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” kata dia.

Ia menilai, industri mainan di Indonesia menjadi salah satu sektor manufaktur yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak yang tembus hingga US$ 319,93 juta pada tahun 2018 atau naik 5,79% dibanding pencapaian pada tahun 2017.

“Industri mainan nasional telah menunjukkan daya saingnya di kancah global. Hal ini sekaligus mampu membuktikan bahwa Indonesia termasuk dalam negara-negara produsen utama untuk beberapa produk mainan unggulan yang telah mendunia,” tutur Airlangga.

Tak hanya Barbie, Airlangga menambahkan, di Indonesia juga terdapat pabrik mobil mainan Hot Wheels dengan kapasitas produksi mencapai 50 juta unit per tahun. Hot Wheels merupakan mobil mainan diecast atau dibuat dari bahan logam yang dicetak.

“Pabrik Hot Wheels di Cikarang milik PT Mattel Indonesia adalah industri mobil mini yang kapasitasnya lebih besar 50 kali dari industri otomotif beneran,” katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Mainan Anak (AMI) Sutjiadi Lukas memprediksi, industri mainan dalam negeri pada 2019 dapat tumbuh 10 persen. Apalagi bisnis mainan di Tanah Air cukup prospektif.

“Dengan angka kelahiran rata-rata 4,5 juta jiwa per tahun, Indonesia dapat menjadi pasar terbesar se-Asia Tenggara,” terang Lukas.

Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, AMI pun menggenjot industri mainan nasional agar semakin agresif mempeluas pasar ekspor. Tutupnya beberapa pabrik mainan di Vietnam membuat peluang industri mainan di Indonesia kelimpahan pesanan. [ded]




Article Related


Gandeng Pertamedika, BRIsyariah Berikan Solusi Transaksi Keuangan Syariah

Gandeng Pertamedika, BRIsyariah Berikan Solusi Transaksi Keuangan Syariah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - BRIsyariah dan PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) – anak usaha Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang industri...


WIKA Dukung Rencana Pemindahan Ibukota Baru

WIKA Dukung Rencana Pemindahan Ibukota Baru
JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) turut mendukung rencana pemerintah terkait dengan upaya pemindahan Ibukota Negara....


BRIsyariah Bekali Anak Yatim Piatu Ilmu Keuangan Syariah di Halal Park Jakarta

BRIsyariah Bekali Anak Yatim Piatu Ilmu Keuangan Syariah di Halal Park Jakarta
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIsyariah) membekali puluhan anak yatim piatu dengan ilmu keuangan syariah dalam acara Kelas Kreatif...


Mulai Hari Ini Tarif MRT Berlaku Normal, Ini Besarannya!

Mulai Hari Ini Tarif MRT Berlaku Normal, Ini Besarannya!
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Setelah memberikan diskon 50% selama kurang lebih satu bulan terakhir, akhirnya mulai hari ini, Senin (13/5/2019) PT Mas...