Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

KAYA.ID Bareng WIR Group Hadirkan Metaverse Indonesia Untuk UMKM

Posted by: 1740 viewer

KAYA.ID Bareng WIR Group Hadirkan Metaverse Indonesia Untuk UMKM
Signing Ceremony KAYA.ID & WIR Group

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Lumina Kaya Indonesia (Kaya.id) perusahaan inkubator bisnis berkolaborasi dengan WIR Group, perusahaan teknologi augmented reality terkemuka Indonesia untuk mengembangkan UMKM Indonesia di dunia metaverse. Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Kaya.id, Nita Kartikasari dan Chief Marketing Officer (CMO) WIR Global, Gupta Sitorus, di Jakarta (Jumat, 25/3).

Metaverse adalah teknologi kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dengan dunia digital tanpa batas di mana semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel. Melalui teknologi metaverse ini, nantinya apa yang terjadi dalam dunia digital akan menjadi hampir senyata dunia aslinya. WIR Group ditugaskan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghadirkan metaverse Indonesia yang rencananya akan diperkenalkan di ajang Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali bulan November nanti.

Di sisi UMKM, Kaya.ID bekerjasama dengan WIR Group untuk mempercepat transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan tampil di metaverse. CEO Kaya.id Nita Kartikasari mengatakan, melalui platform metaverse, Kaya.id sebagai Inkubator bisnis UMKM Indonesia berharap, mereka dapat terhubung dengan ekosistem digital. “Kami berharap UMKM Indonesia nantinya dapat juga terhubung dengan ekosistem metaverse Indonesia sehingga UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar terhadap akses dan pasar, sehingga dapat mendukung tumbuhnya bisnis UMKM dengan berbagai keunggulan kompetitif di tengah tantangan di era digital tanpa batas,” ujarnya. “Membangun merk-merk lokal Indonesia menjadi brand ternama tidak hanya secara offline tetapi juga secara digital,” tambahnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Nita berharap melalui kerjasama ini, Kaya.id dapat menghadirkan layanan metaverse kepada UMKM Indonesia di mana para pelaku UMKM dapat mengembangkan “brand’ atau merknya masing-masing. “Kerjasama pengembangan platform metaverse ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan produk UMKM Indonesia menjadi besar atau menjadi brand dunia. Jika brand-nya sudah berkembang, maka mereka bisa dan siap bersaing secara global, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan sumber daya kreatif dan berbakat. Itu akan memberi dampak yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia,” ujar Nita kembali.

Sementara Chief Officer Marketing WIR Global, Gupta Sitorus  mengatakan, kerjasama ini selain akan memperkaya ekosistem bagi metaverse Indonesia, juga mendorong perekonomian digital dan kreatif serta pemberdayaan UMKM di Indonesia. “Platform Metaverse dibuat dengan dasar interaksi manusia dalam bentuk digital yang membuka peluang-peluang baru bagi penggunanya, termasuk para pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan kesempatan yang telah dibuka melalui metaverse untuk mengembangkan bisnisnya. Diharapkan UMKM banyak memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing mereka,” ujar Gupta Sitorus.

Gupta menambahkan, teknologi digital Metaverse menawarkan pengalaman unik bagi penggunanya, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya. Dengan digunakanya platform metaverse oleh UMKM memungkinkan terjadinya interaksi virtual realistik dengan dengan konsumen bahkan dengan jangkauan global yang tidak terbayangkan sebelumnya.

“Dunia metaverse ini sejatinya tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,’ ujar Gupta.

Saat ini WIR Group sudah memiliki jaringan toko virtual Mindstores yang banyak menyasar pelaku UMKM dan sudah berhasil menjaring lebih dari 60 ribu pemilik toko virtual. WIR Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa media interaktif, periklanan, dan pengembangan teknologi dalam dunia augmented reality, virtual reality, dan artificial intelligent. Lewat kerjasama ini, kedua pihak berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita pemerintah dalam persiapannya untuk menghadapi tren teknologi metaverse.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penandatanganan kerjasama Kaya.id - WIR Group ini dilakukan di areal gerai Jamuné di Ashta Mall, District 8 SCBD Jakarta, yang merupakan usaha UMKM jamu kekinian.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...