Konsep CSV Berhasil Menumbuhkan Perusahaan dan Lingkungan Sekitar
Posted by: Agus Aryanto | 19-10-2021 19:53 WIB | 2754 views

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Beberapa waktu belakangan ini Creating Shared Value (CSV) telah menjelma menjadi konsep kebijakan dan praktik dunia usaha yang sangat berhasil dalam menumbuhkan perusahaan dan lingkungan sekitarnya. Bahkan, konsep ini telah diadaptasi menjadi pakem pemerintah dalam Peraturan Menteri BUMN PER-05/MBU/04/2021 tanggal 08 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Badan Usaha Milik Negara.
Demikian diungkapkan oleh Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP dalam kata sambutan Webinar CSR to CSV, Kamis (14/10/2021). Dikatakan, sebagian perusahaan telah menyadari bahwa konsep CSV, merupakan poin istimewa yang diyakini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan perusahaan, daya saing perusahaan sekaligus memajukan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di sekitar perusahaan beroperasi.
“Namun bagi beberapa perusahaan, menciptakan konsep CSV ini bukan persoalan yang mudah,” ujar Susilowati Ningsih.
Oleh karena itulah, tema “CSR to CSV” kami hadirkan dengan narasumber-narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Dan tentu saja, hal ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi INFOBRAND GROUP dapat menghadirkan tema edukatif yang menjadi fenomena korporasi dalam beberapa tahun terakhir ini.
Melalui sharing knowledge “CSR to CSV” ini, kami berharap dapat menginspirasi Perusahaan kemudian mengambil keputusan paling bijak untuk mengkonversi program CSR-nya menuju konsep CSV yang secara nyata dapat memberi keuntungan sosial dan ekonomi bagi kedua belah pihak.
Susilowati Ningsih melanjutkan, tujuan dari pembangunan berkelanjutan yang menjadi salah satu issu terpenting dari CSV, telah diadaptasi dengan sangat baik oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Program-program yang mereka susun mampu bersinergi dengan strategi bisnis untuk mendapatkan keuntungan kompetitif melalui kegiatan masyarakat yang dapat menciptakan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.
Hal itu terungkap dari riset dan penjurian yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID bekerjasama dengan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga Surabaya terhadap lebih dari 60 Perusahaan teriset melalui 3 Fase Penjurian di Akhir September sampai dengan Awal Oktober.
Melalui proses dan metodologi yang telah ditetapkan sebelumnya, serta berdasarkan hasil penjurian final didapatkanlah 20 Perusahaan-perusahaan yang layak meraih prestasi membanggakan PERTAMA DI INDONESIA yang diberikan kepada Perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan konsep Creating Shared Value; TOP CSV AWARD 2021.
“Saya ucapkan selamat kepada Perusahaan-perusahaan tersebut yang secara seremonial akan menerima penghargaan TOP CSV Award 2021 dalam rangkaian Webinar Nasional ini. Sebagai Perusahaan yang berhasil mengkonversi isu sosial dan lingkungan menjadi peluang besar pertumbuhan bisnis dan mencapai daya saing jangka panjang. Bahkan menghasilkan sustainable livelihood dalam memandirikan atau memberdayakan masyarakat,” ungkap Susi.
Menurut Susi, ide atau gagasan CSV yang telah berhasil diimplementasikan oleh Perusahaan adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan untuk seluruh stakeholder terkait. Keberhasilan program CSV secara langsung akan menciptakan citra positif bahwa perusahaan memberikan solusi jitu dan berkelanjutan dalam mengentaskan masalah sosial, lingkungan, dan ekonomi.
“Di sisi lain, perusahaan juga sukses meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” tutup Susi.
Baca berita lainnya di Google News