Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kuartal II 2023, Pasar Ponsel 4G Indonesia Naik 4 Persen

Posted by: 544 viewer

Kuartal II 2023, Pasar Ponsel 4G Indonesia Naik 4 Persen
Ilustrasi ponsel 4G/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Firma riset industri International Data Corporation (IDC) menemukan pangsa pasar ponsel 4G di Indonesia naik pada kuartal kedua 2023, dari 82 persen pada kuartal pertama menjadi 86 persen.

"Pangsa pasar ponsel 5G masih kecil dibandingkan ponsel 4G. Meskipun harga ponsel 5G semakin terjangkau, ponsel 4G seringkali menawarkan spesifikasi yang jauh lebih baik dengan harga yang mirip," kata analis IDC Indonesia Vanessa Aurelia dalam keterangan tertulisnya dikutip Rabu (6/9/2023).

Sementara pangsa ponsel 4G naik, ponsel 5G menurun 4,3 persen year-over-year untuk pertama kalinya sejak kehadiran ponsel 5G di Indonesia pada 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

Vanessa menilai adopsi 5G di Indonesia lambat karena mengalami tantangan baik dari sisi permintaan maupun persediaan. Hingga sekarang, jaringan 5G masih terbatas untuk titik-titik tertentu.

"Konektivitas 5G masih terbatas untuk arena tertentu sehingga fitur 5G belum cukup untuk memikat konsumen potensial yang baru," kata Vanessa.

Adopsi 5G yang masih rendah, menurut IDC, juga membuat operator telekomunikasi berhati-hati dalam investasi untuk teknologi tersebut, antara lain disebabkan oleh biaya dan tingkat keuntungan.

IDC menemukan bahwa pasar ponsel Indonesia kembali menurun untuk delapan kuartal berturut-turut, yaitu 6,3 persen YoY. Namun, secara quarter-over-quarter (QoQ), pasar ponsel Indonesia tumbuh 13,8 persen menjadi 8,9 juta unit.

Penurunan pasar ponsel Indonesia berada di satu digit berkat pertumbuhan segmen entry-level alias ponsel murah. IDC juga mencatat ponsel premium (di atas 600 dolar AS atau sekitar Rp 9,1 juta), tumbuh 71 persen YoY, Samsung dan Apple masih menjadi merek teratas di segmen tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

IDC memprediksi pengiriman ponsel pada 2023 menjadi yang terendah sejak 2018.

Berdasarkan pengiriman, Samsung menjadi merek nomor satu di Indonesia dengan pangsa pasar 20,8 persen dan pengiriman 1,9 juta unit pada kuartal II 2023. Di bawah Samsung, OPPO mengirimkan 1,6 juta unit dengan pangsa pasar 17,6 persen.

Posisi ketiga diduduki oleh vivo, dengan pangsa pasar 16,5 persen dan pengiriman 1,5 juta unit. Xiaomi dan Transsion (Infinix, Tecno) masing-masing berada di posisi keempat dan kelima dengan pangsa pasar 14,7 persen dan 13,4 persen.

Xiaomi mengirimkan 1,3 juta unit ponsel pada kuartal II 2023, sementara Transsion 1,2 juta unit.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...