Ahad, 31 Mei 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Kunci Utama Branding . Understanding Customer

Posted by: 27-03-2020 13:39 WIB 426 viewer

Kunci Utama Branding . Understanding Customer
Amalia E. Maulana, Ph.D. Brand Consultant & Ethnographer Director, ETNOMARK Consulting

Berbicara tentang branding, maka hal pertama yang menjadi sangat berpengaruh adalah kesadaran dari masyarakat sebagai konsumen dalam mengenali sebuah perusahaan yang ada. Dimana perusahaan harus bisa membuat branding yang kuat untuk mempromosikan merek mereka.

Proses branding sendiri dalam hal ini merupakan sebuah metode komunikasi yang baik dan terarah. Di mana sebuah merek yang baik mampu menyampaikan manfaatnya dengan jelas kepada pelanggan tanpa harus melibatkan proses periklanan yang cukup mahal.

Managing Director ETNOMARK Consulting, Amalia E. Maulana mengatakan, yang menjadi kunci utama dalam aktivitas branding yang baik adalah understanding customer atau memahami apa yang diinginkan pelanggannya. Menurut dia, tidak ada yang membedakan antara prinsip dari kegiatan branding di dunia digital maupun non-digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Saya bukan orang yang senang memisahkan kegiatan digital dan non-digital. Karena ini bisa menjadi mis-leading. Lebih baik kita gunakan istilah ‘integrated marketing communication and promotion’ sehingga tidak menjadikan dichotomy dari strategi,” sambungnya. 

Karena pada dasarnya, imbuh Amalia, tujuannya adalah tetap sama yakni audience yang membutuhkan sebuah solusi, baik itu berupa produk, jasa atau experience.

“Setelah kita memahami perilaku audience-nya dan apa yang bisa ditawarkan oleh perusahaan sesuai dengan yang dibutuhkannya, maka dari sinilah strategi branding mulai dibuat dan disusun,” kata Amalia.

Dengan mengerti kebutuhan dan keseharian konsumen, kata Amalia, maka desain strategi komunikasi akan menjadi lebih tepat sasaran. Maka dari itu, kombinasi kegiatan offline dan online menjadi hal yang sangat penting dalam era digital ini agar lebih menyatu dan saling mengisi.

Meski demikian, di dunia digital, lanjut Amalia, menggali apa yang dibutuhkan konsumen menjadi sangat mudah dan efisien. Karena tanpa harus bertatap muka terlebih dahulu dengan konsumen sehingga lebih banyak menghemat resource.

“Jadi jika ditanya apakah kita bisa menggali kebutuhan konsumen melalui media digital, jawabannya tentu saja bisa. Dengan media digital, tanpa bertemu muka pun kita bisa mengenal dan memahami banyak aspek kehidupan konsumen,” jelasnya.

Lebih lanjut Amalia mengungkapkan, untuk merajai popularitas brand di dunia digital kemudian menjadi brand champion di era digital, kegiatan offline dan online ini sebaiknya dikerjakan secara bersamaan. "Tidak dengan tim berbeda yang akhirnya malah menjadi redundant atau bahkan tidak kena sama sekali,” ujarnya.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online

Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online
Terjadinya penurunan penjualan drastis di semua pelaku bisnis saat ini, membuat pengusaha khawatir dan gusar akan masa depan bisnisnya, ketakutan akan...


Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?

Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?
Kesetiaan merek adalah sikap konsumen dalam memilih dan membeli merek produk tertentu yang disenangi serta konsisten terhadap merek tersebut dibanding...


Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dampak dari wabah covid-19 secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau...


Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital

Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketidakpastian kapan wabah virus corona atau covid-19 akan berakhir membuat para pelaku bisnis banyak yang beralih ke ra...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index