Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Lakukan 4 Strategi Untuk Jaga Kepuasan Pelanggan, Adem Sari Semakin Eksis

Posted by: 2587 viewer

Lakukan 4 Strategi Untuk Jaga Kepuasan Pelanggan, Adem Sari Semakin Eksis
produk Adem Sari Sensacools

INFOBRAND.ID- Tidak mudah menjaga kepuasan pelanggan di tengah persaingan yang makin ketat dan akses produk yang makin mudah karena kemajuan digital saat ini. Adem Sari Ching Ku, salah satu produk unggulan Grup Enesis, merasakan hal ini juga. Namun, merek ini bisa tetap menjaga kepuasan pelanggannya karena empat kunci strategi yang mereka jalankan.

 “Ada empat kunci strategi yang kami bangun untuk memuaskan pelanggan Adem Sari Ching Ku, yaitu Product, Valuable, Availability, dan Service Excellence,” kata Diki Rustaman, Senior Brand Manager Adem Sari Group dari Enesis Group.

Diki meyakini, teori kepuasan pelanggan banyak sekali ramuannya. Namun, dalam hal produk, pihaknya selalu menjaga kepuasan pelanggan, dan kuncinya adalah di produk yang bisa menjawab kebutuhan mereka. Karena kebutuhan pelanggan terus berubah seiring perkembangan zaman, inovasi harus berkelanjutan guna memuaskan pelanggan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Yang kedua, produk harus valuable. “Harga murah atau mahal belum pasti baik, yang terpenting adalah valuable,” ia menegaskan. Menurutnya, prinsip dalam perusahaannya adalah bagaimana membuat produknya bernilai bagi pelanggan. “Jadi, harus memperhatikan value for money setiap produk yang dihasilkan,” ujarnya.

Ketiga, Adem Sari Ching Ku juga sangat memperhatikan ketersediaan produk, sehingga konsumen dengan mudah mendapatkan produk tersebut kapan pun mereka butuhkan (availability). Dahulu konsumen harus ke luar rumah ketika membutuhkan Adem Sari, sedangkan kini di era digital, kehadiran e-commerce memudahkan konsumen mendapatkan produk tersebut. “Kami pun harus menjawab kemudahan di era digital ini, dengan hanya sekali klik, produk Adem Sari bisa sampai ke tangan mereka,” katanya.

TerakhiR, keempat, service excellence. Diki mengatakan, bukan sekadar terkait produk itu sendiri, tapi perusahaan juga sangat memperhatikan proses produk bisa sampai ke pelanggan, mulai dari hubungan dengan distributor, lalu distributor sampai ke grosir, hingga bagian customer service yang menangani komplain atau keluhan yang masuk.

“Kami harus mendengar dengan baik apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Kami, di Adem Sari khususnya, sejak 34 tahun lalu memandang pentingnya inovasi melalui riset konsumen untuk mendapatkan customer insight, sehingga produk yang kami hasilkan memiliki nilai tambah (value added) bagi konsumen,” Diki menerangkan. Produk yang awalnya dari bentuk sachet, kini menjadi berbagai produk dengan beragam kemasan dan rasa.

Adem Sari hadir sejak 1994 dengan produk pencegah panas dalam yang dikemas dalam bentuk sachet. Sejak itu, selain dari segi rasa, Adem Sari juga berkembang dalam hal kemasan. “Dulu produk kami dikenal dengan produk bubuk yang dilarutkan lalu diaduk 18 kali, kini dengan kemasan hijau ada yang botol plastik maupun kaleng, yang menarik mata pelanggan,” katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tahun 2020, pihaknya membuat gebrakan dengan menghadirkan air mineral yang fungsinya sama, sebagai pencegah panas dalam, tapi tidak ada rasanya, layaknya air mineral umumnya. Ini sempat menjadi trending topic di media sosial. Karena, menurutnya, merupakan hal baru bahwa produk air mineral bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk menghilangkan keluhan panas dalam tubuhnya.

Menurut Diki, sejak pandemi Covid-19, dari customer insight diketahui bahwa masyarakat sangat memercayai produk yang dari bahan alami dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Maka, Adem Sari pun kemudian melahirkan produk Adem Sari Madu Lemon Tea. “Ini bagian dari memuaskan customer kami,” ungkapnya.

Tentu saja, ia menegaskan, service excellence tidak akan terwujud tanpa kerjasama berbagai pihak, seperti distributor, media sosial, customer relations officer, website dan e-mail, serta tim Enesis juga. “Social media dan WhatsApp kami siaga 24 jam. Dan, yang utama, tim Enesis adalah agen-agen terbaik kami untuk mewujudkan kepuasan pelanggan hingga mencapai excellent,” kata Diki tandas.

Baginya, tidak perlu melihat pesaing. Sebab, walau mereka membuat produk dengan kemasan besar atau harga murah, Diki yakin Adem Sari akan lebih dilihat pelanggan karena produknya lebih bernilai, mudah didapat, dan bisa memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...