Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Le Minerale Mendukung Inovasi Keberlanjutan pada UMKM melalui FSIA 2023

Posted by: 317 viewer

Le Minerale Mendukung Inovasi Keberlanjutan pada UMKM melalui FSIA 2023
Le Minerale Mendukung Inovasi Keberlanjutan pada UMKM

INFOBRAND.ID-Sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman yang senantiasa mengedepankan aspek inovasi, keberlanjutan, dan ekonomi sirkular sepanjang rantai nilainya, Le Minerale mendukung berbagai UMKM di industri pangan untuk menerapkan inovasi keberlanjutan dalam bisnisnya melalui Food Startup Indonesia Accelerator (FSIA) 2023, Fast Forward to Future Food yang digerakkan oleh Accelerice Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran mengenai keberlanjutan karena isu-isu global yang mendesak, serta meningkatnya urgensi untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor ketahanan pangan, pasokan makanan dan minuman merupakan salah satu aspek terpenting yang perlu diprioritaskan.  

Seluruh pihak dalam industri makanan dan minuman harus segera melakukan transformasi dan inovasi agar dapat mengoptimalkan sumber tersebut untuk memenuhi kebutuhan pangan yang aman dan berkelanjutan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengingat UMKM memainkan peranan yang penting baik itu dalam pasar pangan atau dalam perekonomian Indonesia secara keseluruhan, maka menjadi semakin vital untuk mendukung para UMKM ini agar dapat menerapkan praktik keberlanjutan dan berinovasi untuk membangun keunggulan kompetitif mereka sekaligus meningkatkan daya saing mereka guna menggarap pangsa pasar yang lebih luas.

Menyadari akan urgensi tersebut, Le Minerale bersinergi untuk menyediakan wadah bagi UMKM untuk berinovasi dan menemukan solusi-solusi terhadap permasalahan kunci seperti permasalahan pada rantai nilai bisnis dan teknologi, agar produktivitas produksi makanan dapat ditingkatkan sembari mengurangi sampah yang dihasilkan.

Kontribusi perusahaan untuk membagikan ilmu terkait pengelolaan sampah kepada UMKM tentunya tidak dapat terlepas dari pengalaman dan kemampuan perusahaan itu sendiri. Le Minerale berkomitmen tinggi terhadap compliance Pemerintah pusat dan menjunjung tinggi inovasi pada seluruh rantai nilainya, baik upstream ataupun downstream dengan tujuan untuk menerapkan integrated circular economy, agar seluruh sampah terkelola dan dapat menjadi produk baru lagi.

Terlebih lagi, Le Minerale memiliki jejaring yang telah dibangun melalui Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), program berkelanjutan mereka yang berfokus pada meningkatkan collection rates sampah plastik.

Jejaring tersebut terdiri dari berbagai pemangku kepentingan kunci dalam industri daur ulang, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan berbagai mitra lainnya yang berfokus pada pengumpulan dan pengelolaan sampah.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemampuan Le Minerale dalam pengelolaan sampah plastik serta network GESN merupakan aset yang sangat berguna bagi para UMKM yang sedang merintis aspek keberlanjutan dalam bisnisnya.

Tania Ariningtyas, Sustainability Manager Le Minerale, menyatakan bahwa, “Melalui knowledge sharing ini, kami berharap mitra UMKM bisa terinspirasi untuk menerapkan keberlanjutan dalam bisnisnya, misalnya dengan menggunakan bahan daur ulang yang food-grade. Kami sebagai perusahaan selalu ingin mendorong kesuksesan pada mitra-mitra kami.

Oleh karena itu, kami juga sangat bersedia menghubungkan para UMKM yang sevisi dengan mitra-mitra kami, yaitu mereka yang merupakan bagian dari Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional.”

FSIA (Food Startup Indonesia Accelerator) merupakan program yang dijalankan oleh Accelerice Indonesia sejak tahun 2020 dan telah mengakselerasi 75 food startup. Melalui program akselerasi FSIA 2023, Fast Forward to Future Food, Accelerice mengajak para food startup bersama membangun masa depan pangan yang mudah diperoleh dengan tingkat kesehatan dan nutrisi yang merata untuk semua lapisan masyarakat.

Terdapat beberapa fokus utama yang disorot FSIA, yaitu pemikiran desain, manajemen produksi, manajemen keuangan, pengemasan makanan, branding, dan bimbingan. Accelerice Indonesia sendiri adalah akselerator makanan yang menjadi pusat inovasi dan pengetahuan pangan pertama di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Accelerice melalui FSIA 2023 juga mengusung keberlanjutan pada produksi pangan serta pengelolaan limbah, yang selaras dengan visi Le Minerale, yaitu memberdayakan kolaborasi inovatif dan solusi transformatif dari hulu (upstream) hingga ke tahap waste management dalam circular food value chain, didukung oleh network GESN yang cukup luas.

“Kami berterima kasih atas dukungan dan bisa bersinergi dengan Mayora Group sebagai salah satu perusahaan F&B ternama di Indonesia yang sudah menerapkan sustainability mindset and practice dalam operasional bisnisnya.

Dengan visi kami yang selaras, kami rasa Mayora Group dapat memberikan banyak manfaat dalam men-transfer komitmen & strategi inovasi keberlanjutan kepada peserta FSIA 2023, baik secara ilmu maupun network,” ujar Charlotte Kowara, Chief Empowerment Officer dari Accelerice Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...