Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?

Posted by: 4994 viewer

Melirik Ketenaran Mixue yang Sedang Viral, Apakah Mampu Bertahan?
Gerai Mixue

INFOBRAND.ID-Keberadaan bisnis minuman yang sedang naik daun di Indonesia sangatlah banyak. Mereknya pun  berbagai macam, mulai dari Chatime, Kopi Kenangan, Haus, Esteh Indonesia, Xiboba dll. dan yang terbaru dan sedang viral adalah Mixue.

Gerai Mixue mengusung bisnis waralaba es krim dan teh dengan harga terjangkau. Namun apakah bisnis Mixue akan bertahan lama dan sustainable, dan kenapa Mixue bisa viral?

Banyak bisnis waralaba akhirnya redup setelah kemunculannya. Seperti dulu BreadTalk dan Warung Upnormal. Meski dua brand tersebut saat ini  masih beroperasi, namun ketenarannya tidak seperti awal kemunculannya dulu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengenai fenomena viral atau ramainya perbincangan masyarakat di media sosial tentang Mixue, Konsultan Bisnis dan Marketing Yuswohady mengatakan beberapa hal kenapa hal ini bisa terjadi. Menurut Yuswo demikian dia disapa, bisnis kuliner, apalagi kuliner kekinian itu mudah menjadi hype atau sensasional, yang menjadi sumber hype adalah connected experience. 

“Connected experience yaitu ketika netizen secara berjamaah menikmati pengalaman yang sama, mereka terkoneksi oleh media sosial, kemudian saling memperbincangkannya, maka boom, viral pun tak terhindarkan. Yang saya takutkan Mixue adalah ‘Hype-driven business’ yang segera meredup begitu hype-nya berakhir,” kata Yuswohady di Instagram pribadinya dengan mengutip penjelasan dalam buku Fomo Marketing karyanya.

Menurut Yuswo, es krim cs adalah kategori kuliner yang sifatnya indulgent artinya orang mengonsumsi untuk fun, pleasure, andenjoyment. Karena indulgent, pola konsumsinya adalah occasional setiap 1 sampai 2 minggu sekali, bukan habitual seperti Nasi Padang atau ayam geprek yang bisa setiap hari, bahkan 2 sampai 3 kali sehari.

“Apa implikasinya bagi Mixue? Market size Mixue tidak sebesar yang kita bayangkan. Artinya ekspansi Mixue akan punya limitasi yangg besar,” kata Yuswo.

Lalu, mengenai pertanyaan apakah ekspansi cabang Mixue akan segera terhenti? Yuswo menjawab bisa iya bisa juga tidak. Kuncinya agar tidak terhenti adalah inovasi tanpa henti, baik untuk produk maupun pengalaman.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di era FOMO, fomsumer atau ‘FOMO consumers’ menginginkan sesuatu yang selalu baru dan mereka melompat dari satu viral ke viral berikutnya. Ini butuh never-ending innovation. Ketika energi inovasi Mixue hilang, maka pudar pula ekspansi bisnisnya,” kata Yuswo menutup penjelasannya.

Sejak kemunculannya pada tahun 2020 hingga awal tahun 2023, jumlah gerai es krim dan teh Mixue lebih dari 1.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini diprediksi akan terus naik seiring masih dibukanya peluang kemitraan untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...