Pameran Bisnis terbesar di Indonesia yang menggabungkan 3 pameran bisnis dalam 1 atap FRANCHISE & LICENSE EXPO INDONESIA (FLEI) 2018, CAFE & BRASSERIE INDONESIA (CBI) 2018 & RETAIL SOLUTION EXPO INDONESIA (RSEI) 2018, resmi dibuka oleh Rosan P. Roeslani, Ketua Umum KADIN Indonesia yang didampingi oleh Ir. Tjahya Widayanti, MSc, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Levita Supit , Ketua Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia, A.Syafrudin, Ketua Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia dan Steven Chwee, General Manager Reed Panorama Exhibitions.
Menempati areal seluas 11.000 m2, acara ini akan menghadirkan 200 perusahaan dari 22 Negara dengan mengusung 450 brand waralaba dan kebutuhan usaha cafe sebagai pilihan para investor / pemilik modal di Indonesia dan Regional. Dilengkapi dengan berbagai program berbagi informasi dan pengetahuan mengenai bisnis waralaba dan kafe,diharapkan pameran bisnis terbesar di Indonesia ini mampu dikunjungi oleh lebih dari 20.000 kunjungan.
Steven Chwee, General Manager Reed Panorama Exhibitions mengatakan bahwa “penyelenggaraan pameran bisnis ini merupakan wujud komitmen kami terhadap industri untuk selalu mendorong agar mampu berkembang dan bersaing di arena pasar global, sehingga kami ingin turut andil menjalankan fungsi kami sebagai media promosi bagi perkembangan brand lokal menuju pasar global”.
Selain itu kami juga berharap melalui event yang kami selenggarakan dapat mempertemukan seluruh pemegang kepentingan mulai dari pemerintah, akademisi, pemilik merek hingga investor untuk saling berdiskusi, berbagi pengetahuan,membangun jejaring kerjasama guna membangun dan mengembangkan bisnis di Indonesia dan regional. Tambah Steven
FRANCHISE & LICENSE EXPO INDONESIA (FLEI) 2018
FRANCHISE & LICENSE EXPO INDONESIA (FLEI) merupakan pelopor pertama pameran waralaba di Indonesia. Sejak awal diselenggarakan pada tahun 2003, FLEI selalu turut aktif berbagi pengetahuan mengenai waralaba kepada para pemilik modal/ investor di seluruh Indonesia dan negara sahabat melalui beragam program seperti Conference, Seminar, Workshop dan konsultasi bisnis.
Bekerjasama dengan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia, KADIN Indonesia Bidang Perdagangan dan Kementerian terkait, FLEI 2018 akan menghadirkan para pakar bisnis waralaba dalam dan luar negeri dalam acara Indonesia International Franchise Conference.
Levita Supit, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) sekaligus Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan mengatakan bahwa “ WALI selalu mendukung kegiatan yang mendorong majunya industri waralaba Indonesia seperti penyelenggaraan pameran waralaba FLEI 2018 dan INDONESIAN INTERNATIONAL FRANCHISE CONFERENCE (IIFC) 2018 yang mengangkat “FRANCHISING – A WAY TO GROW GLOBALY”. Penyelenggaraan event ini memberikan ruang bagi para waralaba lokal untuk mempromosikan brandnya kepasar dunia, sekaligus menambah pengetahuan mengenai bisnis waralaba dari para pakar waralaba dalam dan luar negeri.
Selain itu, bagi para investor akan banyak sekali program menarik yang telah dipersiapkan, seperti Franchise Class yang akan membahas 6 topik menarik dan berguna bagi seluruh pengunjung yang ingin memulai usahanya menjadi sebuah bisnis waralaba, business matching yaitu program yang mempertemukan langsung para investor dengan pemilik waralaba dan konsultasi bisnis waralaba gratis di booth WALI & KADIN, Tambah Levita
Disisi lain Rosan P. Roeslani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengungkapkan, “KADIN Indonesia berkomitmen untuk mendorong terciptanya para pengusaha baru guna turut menggerakan perekonomian nasional dan menciptakan iklim usaha yang positif baik di industri waralaba , cafe dan bisnis lainnya. Melalui penyelenggaraan pameran bisnis Franchise & License Expo Indonesia, Café & Brasserie Indonesia dan Retail Solution Expo Indonesia,kami berharap akan muncul para pengusaha muda yang kreatif dan inovatif serta mampu bersaing di pasar global.”
CAFE & BRASSERIE INDONESIA (CBI) 2018
Kenikmatan Kopi Indonesia telah tersohor ke manca negara, hal ini juga yang mendorong tumbuh kedai – kedai kopi di seluruh Indonesia mulai dari cafe mewah hingga kedai kopi dipinggir jalan. Perubahan gaya hidup yang menjadikan cafe bukan lagi hanya tempat menikmati kopi melainkan juga tempat meeting, kumpul atau sekedar menghabiskan waktu menjadi bisnis ini tumbuh dengan sangat menjanjikan.
Membangun usaha cafe tentunya diperlukan kerja keras, keahlian khusus dan komitmen yang kuat dari pengusaha. Untuk itu Reed Panorama Exhibitions bekerjasama dengan berbagai asosiasi kopi terkait menghadirkan satu pameran yang memberikan beragam alternative pilihan bagi pemilik cafe untuk menemukan berbagai kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan pokok seperti kopi, teh, susu, tepung, peralatan barista, mesin roasting kopi, furniture, interior desain, lighting, packaging hingga pakaian barista.
“Kehadiran usaha cafe meningkatkan nilai kopi dari sekedar komoditas menjadi sesuatu karya seni dan gaya hidup, nilai jual yang tinggi dikarena kita tau menikmati secangkir kopi di cafe akan berbeda harganya dengan di kedai kopi pinggir jalan. Sejalan dengan misi SCAI untuk mengedukasi pasar kopi yang ada di dunia maka standarisasi produk mutlak diperlukan serta kepastian ketersediaan pasokan. Melalui event ini kami berharap seluruh pelaku usaha dan pemangku kepentingan bisa saling bertemu dan menghasilkan solusi terbaik untuk industri ini”. kata A.Syafrudin, Ketua Umum Asosiasi Kopi Specialty Indonesia.
Cafe & Brasserie Indonesia 2018 merupakan satu acara yang didedikasikan untuk industri café dan brasserie di Indonesia. Selain wadah pertemuan antara pelaku usaha cafe dengan supplier pendukung, CBI 2018 menjadi satu tempat untuk membuka pasar baru dan menambah ilmu pengetahuan mengenai usaha kopi dan pengolahannya. Berbagai program telah dipersiapkan seperti talkshow Start Up Business Coffee Shop yang mengangkat topik “Modal Minim dengan Memanfaatkan Promosi Digital”, Café Owner Workshop: Kiat Sukses Bertahan di Bisnis Kafe di Era Milenial, Sesi Diskusi: Harmonisasi Kopi Indonesia Hulu – Hilir, Kompetisi BARISTA MASA KINI CHAMPIONSHIP (BAMSKI 2018), Battle Racik Komunitas AGUS vs ASEP vs SUGENG, Coffee Workshop: Brewers, Cupping dan Barista Kids, Talkshow: Tren Minuman Teh Kekinian, Live Music dan tentunya kesempatan menikmati beragam jenis kopi Indonesia.
Indonesia’s Biggest Business Expo merupakan pameran bisnis terbesar yang menggabungkan 3 pameran bisnis (Bisnis Waralaba, Cafe & solusi usaha retail) dalam 1 atap. Acara ini bekerjasama dengan berbagai Asosiasi, lembaga dan komunitas terkait seperti Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI)/Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Indonesia Latte Art Artis (ILAA), Komunitas Koperasi Kopi Indonesia (KOKOPI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Association of Indonesian Specialty Tea (Aistea) dan Teh institute serta didukung penuh oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia.