Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ninja Xpress Dorong UKM terus Berkembang melalui Creative Hub Terbaru di Jakarta

Posted by: 467 viewer

Ninja Xpress Dorong UKM terus Berkembang melalui Creative Hub Terbaru di Jakarta
dok. Ninja Xpress

INFOBRAND.ID-Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), sepanjang 2022 UKM di Indonesia mencapai 8,71 juta unit. Jika dilihat berdasarkan provinsi, DKI Jakarta menduduki posisi keempat UKM terbanyak dengan jumlah mencapai 658,365 ribu unit usaha.

Guna mengakselerasi pertumbuhan UKM,  Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, kembali menghadirkan Creative Hub baru yang lebih besar dari sebelumnya dan berlokasi di Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Creative Hub terbaru ini tidak hanya bisa digunakan bagi pelaku UKM, tetapi juga berbagai komunitas yang ingin mengembangkan kegiatan mereka.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress menjelaskan, "Melihat besarnya potensi pelaku usaha di Jakarta dan kota-kota lainnya, adanya Creative Hub diharapkan menjadi tonggak penting dalam komitmen Ninja Xpress untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan UKM di Indonesia. Creative Hub yaitu sebuah tempat yang menyediakan berbagai layanan seperti studio untuk pengambilan foto/video produk profesional serta pelaksanaan live selling dan tempat penyelenggaraan acara baik untuk UKM ataupun komunitas. Creative Hub diharapkan mampu menjadi pusat kolaborasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi para pelaku UKM."

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejak awal dibuka pada Maret lalu hingga awal Juni 2023, Creative Hub di Pejaten sudah digunakan untuk melakukan lebih dari 800 pengambilan foto produk dan lebih dari 350 pembuatan video produk, serta dipakai oleh lebih dari 80  UKM untuk melakukan foto dan video produk dan 5  UKM melakukan live selling dengan durasi total live selling selama lebih dari 10  jam.

Creative Hub juga memiliki beberapa area yang terdiri dari:

Multifunction Space: Ruangan serbaguna ini mengadopsi gaya teater yang dapat menampung hingga 40 orang. Area ini bisa digunakan oleh UKM dan berbagai komunitas, seperti aktivis, seniman, akademisi, pengusaha, dan lain sebagainya untuk berbagai kegiatan. Terdapat juga fasilitas tambahan, seperti peralatan teknis profesional, proyektor dan layar LED, serta sound system. Area ini juga dilengkapi dengan VIP Area yang lokasinya berdekatan dengan ruang serbaguna dan dapat digunakan sebagai tempat tunggu dan ruang pertemuan. Area ini dapat menampung hingga 7 orang.

Showcase Area: Berfungsi sebagai ruang pameran atau display untuk UKM yang telah menjadi mitra Ninja Xpress sejak tahun 2019. Produk yang dipamerkan bervariasi, mulai dari fashion, aksesori, herbal, hingga makanan.

Outdoor Multifunction: Terletak di luar ruangan, area ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan komunitas yang dapat menampung hingga 30 orang. Di area ini, terdapat kolam renang dan berbagai macam tanaman yang akan menambah kenyamanan suasana.

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu shipper Ninja Xpress, yaitu Avianty Utami, Owner Cuambel, UKM asal Bekasi yang menjual varian sambal siap saji. Ia menjelaskan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) bukan lagi menjadi kendala untuk mengikuti tren penjualan terkini, seperti live selling. Layanan live selling Ninja Xpress memberikan solusi untuk mengatasi tantangan selama proses live selling.

"Bersama Ninja Xpress, kami mendapatkan bantuan mulai dari pembuatan konten hingga pelaksanaan live selling. Ini sangat membantu, terutama bagi kami yang baru mulai menerapkan live selling. Dan meskipun masih baru, live selling ini mampu meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan awareness," jelas Avianty Utami.

Shipper lainnya, Romario Sumali, Owner Livana Shoes, UKM yang menjual koleksi sandal dan sepatu eksklusif bagi para ibu-ibu, menghadapi tantangan tersendiri dalam proses pra produksi, terutama dalam hal menciptakan foto-foto produk jualan yang menarik.

"Untuk proses pembuatan foto produk jualan, kami pernah merekrut fotografer dan model freelance, bahkan kadang-kadang kami harus menyewa studio. Hal ini tentu saja meningkatkan biaya produksi.

Akhirnya, kami memutuskan untuk menggunakan layanan foto produk dari Ninja Xpress. Selain hasilnya lebih baik dan sesuai dengan standar kami, tentunya kami juga bisa menekan biaya produksi," jelas Romario Sumali.

IKLAN INFOBRAND.ID

UKM dan komunitas di Jakarta dapat mengunjungi dan menggunakan berbagai fasilitas di Creative Hub Jakarta yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No.1A RT.2/RW.8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12510.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...