Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan

Posted by: 618 viewer

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan
Bank BRI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank BRI menggunakan beberapa strategi perusahaan untuk semakin mengoptimalkan layanan kepada nasabah, salah satunya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) generatif.

Chief Digital and Information Officer Bank Rakyat Indonesia (BRI) Arga Nugraha mengungkapkan, AI generatif yang digunakan BRI mulai dari pemanfaatan AI generatif untuk meningkatkan layanan chatbot hingga otomasi ruang kerja menjadi beberapa langkah yang tengah dikembangkan Bank BUMN tersebut.

"Untuk peningkatan chatbot, kami akan manfaatkan AI generatif untuk mengembangkan rasa "lifelikeness"-nya. Menurut temuan kami banyak nasabah yang malas untuk berkomunikasi dengan chatbot dan akhirnya menelepon 'customer service' karena respons (chatbot) terasa seperti robot," kata Arga di Jakarta, kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, perlahan tapi pasti dengan memanfaatkan AI generatif, kini chatbot yang dimiliki BRI di ruang digital sudah semakin baik memberikan solusi atas pertanyaan nasabah.

Dengan begitu, dia berharap melalui pengembangan yang lebih jauh, chatbot tersebut nantinya bisa mengurangi beban kerja pegawai "customer service" untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya bisa diselesaikan lewat chatbot.

Arfa kembali menerangkan, pemanfaatan AI generatif yang ingin diadopsi di BRI ialah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menciptakan Automated Content Generation. Menurut dia, AI generatif dapat membantu BRI untuk menciptakan konten lebih terasa interaktif dan variatif.

"Jadi ini fungsinya nanti mungkin di sosial media kita membantu membuat konten tulisan atau visual yang lebih menarik. Ini bisa jadi cara baru untuk berkomunikasi langsung dengan nasabah," jelasnya.

BRI, dikatakan Arga lagi, juga ingin memanfaatkan AI generatif untuk membuat otomasi ruang kerja sehingga pegawai bisa memberikan layanan dengan lebih efektif.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Salah satu otomasi yang mungkin dapat dikerjakan AI generatif ialah dengan membuat pekerjaan presentasi," paparnya mencontohkan.

Maklum, biasanya untuk menciptakan diagram atau grafik dibuat secara manual, maka saat AI generatif diterapkan dan diberi instruksi yang jelas, maka waktu yang harus digunakan untuk membuat konten presentasi secara manual jadi bisa lebih dihemat.

"Biasanya kita menghabiskan waktu untuk mengetik presentasi, dengan AI generatif setelah diberikan instruksi jelas itu semua akan jadi dengan cepat dan materi untuk nasabah jadi lebih mudah disampaikan dengan adanya penerapan AI ini," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Iswhite Membawa Inovasi Terbaru dalam Perawatan Kulit Tubuh

Iswhite Membawa Inovasi Terbaru dalam Perawatan Kulit Tubuh
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dalam era yang semakin berkembang dan berubah, tren perawatan tubuh terus mengalami evolusi yang menarik. Salah satu tren terp...


Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G

Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony mengumumkan peluncuran dua produk lensa terbarunya di Indonesia yakni lensa ringkas 35mm full-frame yang kompatibel denga...


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...