Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Paragon Technology and Innovation, Menjaga Market Share dengan Perkuat R&D

Posted by: 645 viewer

Paragon Technology and Innovation, Menjaga Market Share dengan Perkuat R&D
Varian-Produk-Wardah

INFOBRAND.ID-Pengelola PT Paragon Technology and Innovation (PTI/Wardah Group) tak menampik bahwa pascapandemi, industri beauty care bangkit dan tumbuh cepat. Banyak pemain baru yang meluncurkan produk. Pemain lama pun meluncurkan ulang produk mereka setelah melihat pandemi mulai menghilang.

Terlebih, belakangan ini eksposur mengenai produk beauty care seperti makeup dan skincare muncul di mana-mana. Banyak sekali beauty vlogger dan influencer yang secara tidak langsung mengedukasi masyarakat, yang secara makro membuat industri semakin bergairah.

Pihak PTI melihat fenomena itu sebagai tantangan untuk terus menjaga brand share mereka. “Meskipun sudah menjadi market leader, kami tidak boleh terlena. Adanya brand-brand baru itu memotivasi kami untuk terus bisa relevan,” kata Findi Novia, Wardah Group Head PT Paragon Technology and Innovation.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kini PTI mengelola lima brand kosmetik, yakni Wardah, Make Over, Emina, Kaft, dan Biodef. Wardah mencakup dua kelompok produk: dekoratif (makeup) serta perawatan kulit (skincare) dan tubuh (body care). Masing-masing sudah ada puluhan rangkaian (series).

 PTI juga punya brand Emina untuk pasar makeup dan skincare yang menyasar remaja dan perempuan muda. Ada lagi brand Make Over untuk produk makeup yang menyasar segmen menengah-atas.

Adapun brand Kaft diluncurkan sebagai produk perawatan kulit dan tubuh yang menyasar kaum pria, dan brand Biodef menyasar pasar personal care. Secara total, setidaknya PTI sudah memiliki tujuh pabrik dengan area seluas 20 hektare. Total kapasitas produksinya mencapai 135 juta produk per tahun.

Menghadapi pasar yang tumbuh dengan persaingan yang makin sengit, Findi menjelaskan strategi perusahaannya. Yaitu, “Secara produk, kami terus berinovasi mengeluarkan produk-produk baru. Lalu, dari sisi customer experience, kami berikan pengalaman yang bisa terus memenangkan hati konsumen.”

Di bidang pelayanan, ketika konsumen membeli produknya, baik secara offline maupun online, manajemen PTI akan memperhatikan apa dan bagaimana mereka mendapatkan layanan dan produknya. “Di setiap outlet kami ada beauty advisor (BA) yang siap membantu customer mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Findi. Pihaknya bekerjasama dengan lebih dari 45.000 BA.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari sisi variasi produk, setiap beberapa bulan sekali PTI selalu mengeluarkan rangkaian produk (series) baru, baik makeup maupun skincare, yang didukung oleh R&D yang terus aktif melakukan riset produk. Tak berlebihan, dari sisi R&D, kini PTI memang telah naik level. Proses leveling-up itu bisa dilihat dari beberapa aspek.

Sebut contoh, saat ini tim R&D PTI sudah dibangun lebih kuat dan berdiri sebagai direktorat tersendiri dipimpin Direktur Research & Technology. R&D PTI ini dinamai Research and Innovation Center, terletak di kawasan Jatake, Tangerang.

Dalam pengembangan produk, diam-diam Wardah Group sudah berkolaborasi dengan local & global expert. Tak kurang dari 300 ahli kecantikan dan peneliti yang tersebar di 25 negara serta 200+ inovator muda Indonesia telah digandeng untuk mengembangkan produk.

Selain laboratorium untuk pengembangan produk, PTI juga didukung tiga lab lainnya sebagai tempat uji produk sebelum diluncurkan di pasar, yakni untuk uji stabilitas fisik, uji efikasi untuk memastikan keamanan produk, hingga pemeriksaan kadar aktif bahan baku dan bahan jadi. Fasilitas ini menjadi pusat PTI untuk mengeluarkan produk dalam waktu relatif singkat (speed to market). Research and Innovation Center ini terdiri dari 80 formulator, periset, dan analis.

Untuk product sourcing, Wardah telah bekerjasama dengan petani lokal untuk mendukung penggunaan bahan baku lokal: lidah buaya, teh hijau, akar manis (licorice), ketimun, rumput laut, madu, dan berbagai bahan lainnya dari Indonesia dengan kualitas global. Wardah juga melakukan research & development dan bekerjasama dengan para pemasok bahan baku global untuk menghasilkan produk terbaik dan tepat bagi konsumen. Dalam membangun industri kecantikan halal Indonesia, Wardah menerapkan standar tinggi yang fokus pada penelitian, inovasi, dan kemajuan teknologi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Yang pasti, tiap produk Wardah dibuat menggunakan bahan baku terbaik dan telah melewati uji keamanan (safety test) dan keampuhan (clinical test) berstandar internasional. Wardah akan terus mendorong konsumen dan masyarakat umum untuk melakukan perubahan terus-menerus ke arah yang lebih baik.

Untuk menopang prinsip tersebut dan agar mampu berinovasi, Wardah Group didukung kekuatan tim dan teknologi R&D yang sudah berkolaborasi dengan jaringan bersama pakar global. Misalnya, dengan melakukan penelitian bersama ahli dermatologi  dari Amerika Serikat, Australia, Prancis, Thailand, dan India.

Ke depan, PTI akan terus bersemangat membangun industri kecantikan halal Indonesia dengan menerapkan standar tinggi yang fokus pada penelitian, inovasi, dan kemajuan teknologi. Melihat gairah persaingan yang ada, pihaknya akan menyikapinya dengan terus melakukan inovasi produk tanpa henti.

Itu jadi kunci agar tetap relevan. Selain itu, juga updated dengan kebutuhan dan tren pasar, melakukan R&D yang inovatif dan speed to market, melakukan komunikasi pemasaran yang efektif dan terus berkembang di semua media komunikasi, serta membangun end-to-end customer experience.

“Yang pasti, di internal kami terus akan bekerja keras sesuai dengan values Paragon Corp,” Findi menandaskan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...